Dana MotoGP Indonesia dan Rio Haryanto Untuk F1 Tidak Saling Mengganggu

IOTOMOTIF.com – Pembalap Rio Haryanto dikabarkan memiliki kesempatan untuk mengikuti ajang balap F1 musim 2016 mendatang, dan untuk itu dia harus mengeluarkan uang sebesar 15 juta euro atau setara dengan Rp 225 miliar untuk bergabung dengan tim Manor di balapan Formula 1 (F1).

Sebelumnya diketahui bahwa Menpora Imam sudah mengeluarkan surat garansi bagi Rio Haryanto kepada pihak Manor bahwa mereka menjamin uang agar Rio masuk tim tersebut dan akan membayarnya secara bertahap. Selain itu, Indonesia kini juga akan menjadi tuan rumah MotoGP 2017-2019 yang diharuskan membayar uang sebesar 7 juta euro kepada Dorna Sport. Lalu apakah dengan memiliki dua tagihan tersebut tidak akan mengganggu rencana keduanya?

Menanggapi hal tersebut, mantan Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Irawan Sucahyono mengatakan bahwa dana yang disiapkan oleh Menpora untuk Rio Haryanto dan MotoGP Indonesia berbeda. Jadi tidak akan terjadi persaingan mendapatkan dana.

“Dana yang untuk MotoGP sudah disediakan sejak awal. Berarti tidak ada isu apa-apa dan uang untuk Rio Haryanto dan MotoGP Indonesia berbeda, jadi aman-aman saja,” ujar Irawan

Suharso Monoarfa selaku Anggota Dewan Pertimbangan (Wantimpres) Presiden sebelumnya mengatakan bahwa ajang ini bertaraf internasional dan butuh sokongan dari seluruh pihak. Demi menjaga stabilitas di masa depan, perlu ditelurkan regulasi sekelas Keputusan Presiden (Keppres).

“Itulah gunanya Keppres atau Peraturan Presiden itu dibuat. Sehingga pihak swasta yang lain bisa ikut berpartisipasi dan yakin bahwa kegiatan ini didukung oleh pemerintah,” kata Suharso.

“Itu yang sedang kita pikirkan, karena acara ini menjadi acara bersama, maka kita carikan jalan yang memungkinkan agar MotoGP bisa diselenggarakan di Indonesia,” ujar Irawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here