Menpora Segera Cari Dana Untuk Rio Haryanto Ikuti F1 2016

IOTOMOTIF.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi langsung bergerak untuk mencari dana agar Rio Haryanto bisa berlaga dalam ajang balapan Formula (F1) tahun depan.

Setelah sebelumnya meminta para pengusaha dalam Musyawarah Nasional Ikatan Motor Indonesia, Menpora kemudian langsung bertemu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno untuk membahas dana sponsor pembalap Indonesia, Rio Haryanto.

“Kami koordinasi untuk beri dukungan ke Rio. Kita tidak bisa sendirian mendorong Rio, butuh bantuan BUMN dan swasta, pemerintah fasilitator. Kita harus gotong royong,” ujar Imam.

Seperti diketahui, sebelumnya Menpora sudah menjamin bahwa dia akan menyiapkan dana untuk Rio kepada tim F1, Manor. Surat yang dikirimkan Menpora kepada pemilik Manor, Stephen Fitzpatrick tersebut berisi bahwa dia menjamin Menpora akan membayarkan uang sponsor Rio secara bertahap.

Untuk mengikuti balap F1 dengan tim Manor, Rio membutuhkan dana sekitar 15 juta euro (sekitar Rp 231 miliar). Saat ini sponsor Rio, Pertamina sudah menyiapkan dana sekitar 5 juta euro. Dan sisa dana harus terkumpul ketika batas akhir kepastian Rio bergabung dengan tim Manor sekitar dua-tiga minggu lagi. Dan skema pencarian dana tersebut lah yang dibahas oleh Menpora dan Menteri BUMN.

“Setelah memberikan surat rekomendasi, saya masih terus berusaha untuk mencari formulasi yang pas agar bisa memenuhi persyaratan tim Marussia Manor agar Rio bisa berlaga dalam ajang F1. Mumpung di sini banyak pengusaha, seperti Aksa Mahmud, Adiguna Sutowo, siapa tahu bisa ikut membantu kekurangan (dana) Rio. Saya juga berharap agar para pengusaha lain terketuk hatinya untuk ikut membantu menyelesaikan persoalan ini,” ajak Menpora.

“Memang waktunya sangat mepet untuk memenuhi persyaratan tersebut. Saya terus komunikasi dengan Kementerian BUMN untuk mencari solusi yang pas karena tahu sendiri sekarang sudah masuk akhir tahun, jadi banyak perusahaan BUMN yang tutup tahun untuk masalah anggaran. Semoga dalam waktu seminggu ini ada jalan keluar yang terbaik untuk Rio Haryanto,” tambah Menpora.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here