Lorenzo: MotoGP 2016 Akan Lebih Lambat dari MotoGP 2015!

IOTOMOTIF.com – Juara dunia MotoGP 2015 Jorge Lorenzo menyatakan bahwa laju motor balap di MotoGP 2016 akan menjadi lebih lambat jika dibandingkan dengan motor balap pada MotoGP 2015.

Hal tersebut tentunya tak lepas dari penggunaan ECU baru dari Magneti Marelli yang bersamaan dengan penggunaan ban Michelin yang menggantikan posisi dari Bridgestone sebagai pemasok tunggal ban untuk kelas MotoGP. Lorenzo juga mengatakan bahwa hal tersebut adalah langkah mundur.

So, tidak mengherankan jika motor-motor di MotoGP 2016 akan mencatatkan laptime lebih lambat dibandingkan motor di MotoGP 2015.

“Sekarang jelas bahwa manajemen elektronik kurang canggih dibandingkan dengan apa yang telah kita gunakan,” kata Lorenzo kepada Motosprint.

“Saya memperkirakan laptimes menjadi setengah detik lebih lambat di awal musim,” cetusnya.

Lorenzo juga mengatakan dirinya harus bekerja ekstra keras untuk dapat menyesuaikan diri dengan ECU dan ban Michelin. Hal yang sama juga dilakukan oleh rival berat tim Yamaha, yakni Repsol Honda yang mengandalkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

“Jujur, hari pertama saya mencoba motor dengan sistem elektronik baru di Valencia, saya takut. Software itu tidak sama di setiap sektor trek,” katanya.

“Roda belakang cenderung mengunci bila sesuatu terjadi di mesin, dan kadang-kadang traksi kontrol tampaknya tidak jalan.”

Atas hasil tersebut, para insinyur pun mencoba menenangkan dengan cara menjelaskan pada Lorenzo bahwa hal tersebut barulah pengetesan hari pertama. Selain itu, sistem juga memerlukan penyesuaian dan pada hari kedua dipastikan seting mesin setidaknya harus mencapai 70 persen dari tingkat yang diinginkan selama musim balap MotoGP 2016.

“Namun pada awal hari kedua, tidak sampai 70 persen, hanya 50 persen, tapi kami terus bekerja dan kami harus mencapai 70 persen,” pungkas Lorenzo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here