Yamaha Masih Tenang Meski Penjualan V-ixion Kalah Dari CB150R

Yamaha V-Ixion KS Advance GP 03 www.iotomotif.comYamaha V-Ixion KS Advance GP 03 www.iotomotif.com

IOTOMOTIF.com – Honda belum lama ini menghadirkan motor sport All New CB150R Streetfire yang ternyata berhasil menggoyahkan dominasi Yamaha V-Ixion sebagai model sport terlaris di Indonesia. Setelah kalah jumlah penjualan pada bulan Oktober 2015 yang lalu, kini V-Ixion kembali dijegal All New CB150R pada bulan November 2015 dan tampaknya hal tersebut akan berlanjut pada awal tahun depan.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), CB150R terbaru memiliki penjualan wholesales (dikirim ke dealer) sebanyak 23.800 unit pada bulan November 2015. Mengalami penurunan 3.000-an unit dibandingkan pada bulan Oktober, namun masih jauh lebih unggul daripada Yamaha V-Ixion yang terjual sebanyak 17.200 unit di bulan yang sama.

Meski kalah selama 2 bulan berturut-turut, Vixion masih menjadi model motor sport terlaris di Indonesia pada tahun ini, dengan total penjualan sebanyak 252.000-an unit di Indonesia. Jauh mengungguli total penjualan CB150R yang berada di angka 91.800-an unit.

Dan meski mengalami kekalahan pada 2 bulan terakhir ini, Masykur selaku Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa mereka masih dalam tahap ‘penyehatan’ stok agar unit di setiap dealer tidak menumpuk menjelang bergantinya tahun ini.

”Kami sengaja tak mau menggenjot produksi. Kalau stok terlalu banyak dan kurang penyerapan, jatuhnya bakal muncul harga diskon, yang kasihan diler,” kata Masykur.

Masykur juga mengatakan bahwa melonjakknya penjualan Honda CB150R ini wajar karena sudah menjadi ciri khas sepeda motor baru. ”Sebelum yang baru, mereka berapa (jumlah penjualannya)? Wajar kalau melonjak tajam dan dikirim ke diler dalam jumlah yang banyak saat model baru keluar. Kita lihat nanti tahun depan kalau situasi sudah normal,” ujar Masykur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here