IOTOMOTIF.com – Casey Stoner beberapa waktu lalu resmi menjadi test rider tim Ducati dan brand ambassador Ducati untuk 2016. Pebalap asal Australia ini juga dijadwalkan akan mulai melakukan uji coba motor Ducati bulan depan.

Mantan juara dunia MotoGP dua kali ini akan menjalani uji coba pertamanya bersama Ducati pada Januari 2016 di sirkuit Sepang, Malaysia, sebelum test pramusim resmi pertama kali digelar pada 1 Februari di sirkuit yang sama.

Para pembalap MotoGP memang dilarang melakukan uji coba selama dua bulan, yakni mulai Desember 2015 sampai Januari 2016. Namun peraturan tersebut tidak berlaku bagi pembalap penguji atau test rider.

“Kami sedang menyelesaikan perincian terakhir dengan Stoner, masih belum ada tanggal yang tepat,” kata manajer tim Ducati, Davide Tardozzi.

“Yang pasti tes pertama Stoner akan dilakukan di Malaysia, sebelum tes resmi. Dia mungkin akan melakukan uji coba dengan Michele Pirro (test rder Ducati lainnya),” lanjut Tardozzi.

Ducati sendiri menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin memaksa Stoner, namun jika pembalap asal Austria ini bisa mendorong sesuai kemampuannya, maka feedback darinya akan sangat penting. Ducati juga berencana untuk melakukan beberapa tes lagi untuk Stoner, hal tersebut dilakukan untuk kembali membangun keyakinan juara dunia MotoGP 2007 dan 2011 ini.

Sayangnya sampai saat ini, Ducati sendiri belum memberikan konfirmasi tentang apakah nantinya Stoner juga akan mendapatkan jatah sebagai wildcard di musim balap 2016 atau tidak. Stoner sendiri resmi mengumumkan kembali bergabung dengan Ducati pada 23 November lalu dan mengakhiri hubungannya dengan Honda yang sudah terjalin selama 5 tahun.

 

Baca  Ducati Indonesia Berikan Bonus Khusus Untuk Pembelian Bulan Oktober