Toyota Avanza Terjual 12 Ribu-an Unit per Bulan

IOTOMOTIF.com – Saat ini pasar otomotif terlaris di Indonesia masih berada di segmen low MPV. Karena itulah para produsen mobil bersaing dengan ketat di segmen ini. Terdapat banyak produk baru di segmen ini, seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan produk baru dari Mitsubishi yang akan meluncur pada tahun 2017 mendatang.

Namun meski banyaknya pendatang baru, pabrikan asal Jepang, Toyota dengan agen tunggal pemegang mereknya di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku tidak khawatir. Rahmat Samulo yang menjabat sebagai Direktur Marketing TAM mengatakan bahwa di tengah ketatnya persaingan dengan gempuran produk baru, market share Toyota di Indonesia cenderung dinamis.

“Jadi, sesuatu itu ya enggak harus sama atau naik terus, seperti kita lihat kemarin-kemarin. Tapi memang beberapa tahun lalu, terutama di low MPV, pemainnya enggak banyak, hanya Toyota (Avanza) dan Daihatsu (Xenia). Namun sejak tiga tahun terakhir, perusahaan lain bermain di segmen yang sama,” kata Samulo, Senin 7 Desember 2015.

Dia juga mengatakan bahwa wajar bila pangsa pasar Toyota saat ini mulai terbagi. Dan berpendapat bahwa ini adalah konsekuensi pasar yang terpecah dengan adanya pemain baru. Tapi Samulo mengatakan bahwa penjualan Avanza di segmen Low MPV tetap sama sejak pertama kali diluncurkan, yaitu pada angka 12 – 14 ribu unit per bulan.

Penurunan segmen low MPV ini dikatakan Samulo karena pada dua – tiga tahun terakhir banyak produk yang hadir, mulai dari hatchback citycar, Low SUV (sport utility vehicle) hingga LCGC (low cost green car).

“Harganya kan dekat-dekat, dengan begitu, meski enggak banyak, tapi jadi terpecah-pecah,” ujarnya.

Sedangkan mengenai penjurunan penjualan Toyota tahun ini, dia mengatakan bahwa hal ini tidak terjadi hanya pada Toyota, namun semua pemain otomotif di tanah air. Memang prediksi total penjualan mobil tahun ini mengalami penurunan drastis di angka 1 juta dari sebelumnya 1,2 juta pada tahun 2014.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here