Home » News » Profil Luca Marini Adik Valentino Rossi
News Motorsports

Profil Luca Marini Adik Valentino Rossi

IOTOMOTIF.com – Valentino Rossi merupakan satu-satunya pembalap senior yang saat ini masih berlaga di MotoGP dan diperkirakan kiprahnya di balap MotoGP akan berakhir tidak lama lagi, mengingat usianya yang sudah menginjak 37 tahun. Namun kejayaan dan warisan keluarganya di balap motor tidak akan pupus begitu saja. Pasalnya Luca Marini, adik Valentino Rossi digadang-gadang akan meneruskan prestasi kakaknya sebagai bintang balap dunia.

Luca Marini adalah adik tiri Rossi, lahir di Urbino, Italia pada 10 Agustus 1997. Lahir dari ibu yang sama yaitu Stefania Palma namun beda ayah. Karena itulah nama belakang keduanya berbedam Rossi putra dari Graziano Rossi dan adiknya putra dari Massimo Marini, seorang pengusaha di Italia.

Foto Adik Rossi, Luca Marini 2015

Resmi bergabung tim Forward Racing di Moto2, satu lebel dibawah MotoGP, Luca memilih nomor 97 dan siap debut pada musim 2016 depan. Walaupun masih baru, kiprah dan bakat Luca pada dunia motor sudah dimulai sejak kecil bahkan sudah handal menaiki sepeda motor sejak usia empat tahun, dan pada 2003 berhasil menjuarai kejuaraan minibike. Melihat bakat tersebut, Pria yang juga menyukai gokart ini akhirnya masuk sekolah balap Tarziano Tamagnini. Dia mulai mencicipi motor yang lebih besar, Honda NSF 100, pada 2007. Luca kemudian direkrut oleh Honda di Kejuaraan Junior Italia.

Pada 2011 silam, Luca sudah ikut di ajang MiniGP kelas 80 cc, dengan tim RMU Cattalica. Bocah yang sering nongol di paddock Valentino Rossi ini langsung juara pada tahun pertamanya. Pada tahun kedua, Luca pindah tim ke Gresini untuk terjun di Moto3 Kejuaraan Nasional Italia atau yang dikenal dengan CIV.

Baca Juga: Luca Marini Siap Debut di Moto2 2016

Kejuaraan Nasional Moto3 Spanyol (Moto3 CEV Repsol) menjadi arena petualangan Luca berikutnya. Pada musim ini dia menempati peringkat kelima di klasemen akhir. Prestasi lumayan untuk bocah yang belum genap berusia 19 tahun. Pria yang mengaku mengidolai Rossi dan Dani Pedrosa ini juga sudah mencicipi pengalaman menjadi pebalap wild card di Moto3 (2013) dan Moto2 (2015) di Sirkuit Misano, San Marino. Dianggap sebegai penerus Valentino Rossi, mampukah Luca memenuhi harapan banyak orang setara dengan kakaknya bahkan mampu lebih hebat dari The Doctor?.