Target Pasar Sepeda Motor Honda di Jawa Timur Sudah Tercapai

IOTOMOTIF.com – Tahun ini pasar sepeda motor nasional mengalami keterpurukan. Namun meski kondisi ekonomi yang tidak baik, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) sebagai diler utama sepeda motor Honda untuk wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur mengaku sudah berhasil menembus target pangsa pasar.

Andre Pramana yang menjabat sebagai Sales Dept Head MPM mengatakan bahwa pada tahun ini memang penjualan sepeda motor anjlok yang juga berdampak pada wilayah Jawa Timur. Untuk total pasar motor Jawa Timur pada periode Januari – Oktober 2015 mengalami penurunan sebesar 15,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Meski total pasar turun cukup besar, kami berhasil menahan laju penurunan hanya 7,6 persen saja. Bahkan, saat ini pangsa pasar kami (Januari-Oktober) sudah mencapai78,7 persen terhadap total,” kata Andre.

Memang sejak awal tahun, pihak AHM mengaku sudah memprediksi akan adanya penurunan pasar sepeda motor. Dan untuk bertahan, caranya adalah dengan meningkatkan pangsa pasar, yang pada awal tahun ditetapkan sebesar 75 persen, mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu pada 72 persen.

“Hasilnya pangsa pasar kita di atas target, sebenarnya bisa lebih tinggi lagi kalau situasi bisa lebih baik. Dua bulan terakhir, September dan Oktober pangsa pasar bulanan kita sudah menembus 80 persen,” kata Andre.

Honda berhasil menjual sekitar 929.000 unit motor dengan model skuter otomatik (skutik) berhasil menjadi penyumbang terbesar hingga 78,3 persen, mengalami peningkatan dari tahun lalu sebesar 71 persen. Sedangkan untuk segmen motor bebek kini tinggal 8,1 persen dari tahun sebelumnya sebesar 12 persen. Sedangkan untuk segmen motor sport juga mengalami penurunan, menjadi 13,6 persen dari tahun sebelumnya sebesar 16,8 persen.

“Memang kita baru meluncurkan CB150R StreetFire baru, tapi baru jualan dari Oktober, jadi belum terlalu mendongkrak pangsa pasar. Tapi, kita lihat nanti biasanya akhir tahun akan naik,” ucap Andre.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here