Aprilia Siapkan Motor Balap Baru Untuk MotoGP 2016!

IOTOMOTIF.com – Tim Aprila MotoGP saat ini sedang mempersiapkan kehadiran motor prototipe barunya untuk menyongsong musim balap MotoGP 2016. Menariknya, motor prototipe Aprila MotoGP tersebut bukanlah moto RS-GP yang dikembangkan, melainkan motor yang hadir dengan mesin yang benar-benar baru.

Aprilia sendiri mulai turun kembali di ajang MotoGP 2015 dengan memberikan dukungan penuh kepada tim Gresini dengan mengandalkan motor RS-GP. Di awal-awal musim, pabrikan asal Italia ini memang mengalami kesulitan, namun dengan kehadiran Stefan Bradl dan Alvaro Bautista ternyata membawa peningkatan yang sangat drastis.

Aprilia MotoGP juga telah menjalani beberapa uji coba untuk menyambut MotoGP 2016, seperti uji coba ban baru Michelin dan perangkat elektronik MotoGP 2016. Pada MotoGP 2016, Aprilia juga akan menggunakan mesin baru dan tentunya dengan didukung pengalaman yang didapat oleh Aprilia pada musim balap MotoGP 2015.

Bos Aprilia, Romano Albesiano juga mengungkapkan, bahwa timnya terus melakukan pengujian terhadap ban Michelin dan perangkat elektronik 2016. Albesiano juga mengatakan bahwa hasil tes Aprilia MotoGP sampai saat ini berjalan dengan baik dan positif.

“Pada tahap ini penting untuk memahami reaksi terhadap perubahan paket baru. Semua kembali dari awal, yang memungkinkan pembalap untuk memiliki feeling yang baik, terutama terhadap ban baru,” tambahnya.

Selain Stefan Bradl dan Alvaro Bautista, Aprilia MotoGP juga menggandeng Mike De Meglio sebagai test rider di sesi uji coba yang dilakukan di Jerez, Spanyol pada akhir November lalu. Meskipun mulai awal Desember ini dilarang untuk melakukan uji coba, bukan berarti Aprilia bisa bersantai. Sebaliknya, Aprilia MotoGP justru bekerja keras dengan mengumpulkan data dan pengalaman selama musim MotoGP 2015 untuk digunakan menyambut prototipe barunya yang rencananya akan mulai diuji pada Februari mendatang.

Menariknya lagi, Aprilia juga memasang target untuk tampil sepenuhnya sebagai tim pabrikan di MotoGP 2016. Hal tersebut juga menjadi tanda-tanda Aprilia akan fokus penuh di ajang MotoGP, pasalnya sampai saat ini Aprilia belum juga memutuskan untuk terus berkompetisi atau pun tidak di ajang Superbike.

Di musim MotoGP 2015, Aprilia hanya mampu menempati posisi kelima klasemen pabrikan, tepat dibelakang Yamaha, Honda, Ducati dan Suzuki.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here