IOTOMOTIF.com – Semakin banyaknya penggunaan motor berkapasitas besar di Indonesia, Korlantas Mabes Polri akan mengklasifikasikan surat izin mengemudi (SIM) C menjadi tiga jenis, yaitu SIM C, C1 dan C2 yang direncanakan akan direalisasikan pada 2016 mendatang.

“SIM dibedakan berdasarkan cc. Tahun depan segera meluncur. Untuk SIM C nanti ada tiga macam. Sim C seperti yang sekarang, SIM C1 untuk kapasitas motor mulai dari 250 cc sampai 500 cc, kemudian untuk C2 500 cc ke atas,” papar Kombes Pol Unggul Sedyantoro, analis kebijakan Korlantas Mabes Polri.

Lebih lanjut, Unggul Sedyantoro mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan persiapan yang diperlukan termasuk masalah hukum dan hal teknis lainnya. “Masih proses penyiapan infrastruktur serta sarana dan prasana lainnya termasuk ketentuannya. Ini berlaku untuk SIM C saja. Mekanismenya bagaimana? Masih kami rumuskan. Nantinya juga pada saat tes akan disesuaikan kapasitas motornya,” terang Unggul.

Selanjutnya kata Unggul, dengan adanya tiga jenis Sim C sesuai dengan klasifikasi masing-masing, bisa saja seorang pengendara memiliki lebih dari satu SIM C. Namun nampaknya hal tersebut dirasa kurang efektif.

Baca  Mobil Listrik Buatan Depok Siap Diperkenalkan