Sirkuit Sentul Mulai Dipersiapkan Untuk MotoGP 2017

IOTOMOTIF.com – Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2017. Hal ini semakin pasti setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sudah melakukan penandatanganan letter of intent (LOI) dengan pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sport.

Langkah selanjutnya selain membuat keputusan presiden (keppres), pemerintah harus merenovasi sirkuit Sentul yang belum sesuai dengan standar yang ditetapkan Dorna. Direktur Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto mengatakan bahwa sirkuit mulai dirombak pada Desember 2015 mendatang. Renovasi akan dilakukan secara bertahap.

“Kita mulai dari bangunan-bangunannya dulu, seperti stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) akan dihancurkan dan bangunan-bangunan lainnya juga. Kita belum menghancurkan lintasan di Desember nanti,” kata Tinton.

Dia juga menjelaskan bahwa perombakan total sirkuit akan dilakukan mulai April 2016 dan selesai pada 2017. “Jadi, Desember, Sentul tetap dibuka untuk umum dan baru kita tutup total pada April 2016 nanti,” ujar Tinton.

Saat ini masih belum dipastikan siapa arsitek yang akan memimpin project pemugaran sirkuit Sentul ini, dengan calon Hermann Tilke, Jarno Zaffelli, dan Dafydd Broom. Kandidat terkuat adalah Hermann Tilke karena juga bisa mendesain sirkuit untuk balapan MotoGP dan Formula 1 (F1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here