MotoGP: Lorenzo “ECU Baru Berikan Tantangan Berat”

IOTOMOTIF.com – Juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo fokus mencoba ECU baru pada hari terakhir tes di Valencia. Lorenzo sebelumnya mencoba menggunakan ban Michelin yang menggantikan Bridgestone sebagai supplier ban di balap MotoGP mulai musim 2016. Saat tes, Lorenzo masih menggunakan ECU lama, namun di akhir tes dia mulai menggunakan ECU baru.

Pembalap tim Movistar Yamaha berusia 28 tahun yang baru mendapatkan gelar juara dunia MotoGP ketiganya musim ini menjadi pembalap tercepat kelima saat tes di Valencia dengan catatan waktu 1 menit 31.767 detik.

“Terdapat beberapa kecelakaan dengan pengereman tanpa penarikan pedal gas, seperti yang terjadi pada [Aleix] Espargaro di tikungan pertama; biasanya kecelakaan terjadi di tengah tikungan ketika mencoba mendapatkan kemiringan maksimum dengan menekan gas, tapi daya cengkram pada ban belakang sangat bagus yang membuat ban depan pada kemiringan maksimum tidak mampu menopang daya cengkram ban belakang,” kata Lorenzo.

“Jadi perlu memiliki kemiringan yang lebih sedikit atau dengan waktu kemiringan yang lebih sedikit untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Hampir sepenuhnya kami menggunakan ECU lama; kami melewati putaran terakhir dengan sepeda baru dan ECU baru, namun kami lebih berkonsentrasi untuk memahami ban dan merubah setting untuk meningkatkan ban depan.”

Ketika ditanya mengenai ban baru dan ECU baru, yang mana lebih menantang, Lorenzo mengatakan bahwa masih terlalu cepat untuk mengambil keputusan, tapi dia menjelaskan bahwa akan berat untuk beradaptasi dengan ECU baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here