IOTOMOTIF.com – Yamaha kini ikut membuat mobil. Pada pameran otomotif Tokyo Motor Show 2015, merek asal Jepang ini memamerkan mobil konsep mereka, Yamaha SPORTS RIDE CONCEPT. Mobil memiliki bobot yang sangat ringan, hanya 750 kg dengan dimensi panjang 3.900 mm, lebar 1.720 mm dan tinggi 1.170 mm. Mobil dua penumpang ini menurut Yamaha menggunakan mesin yang sama dengan sepeda motor mereka dan mengadopsi sistem iStream yang dikembangkan Gordon Murray.

Konsep ini dikerjakan selama lima bulan dan model tidak menggunakan kaca fiver yang sebelumnya digunakan pada setting iStream, namun sekarang menggunakan karbon fiber untuk mencapai berat yang sangat ringan. Tidak ada informasi mengenai tenaga mobil konsep ini, namun kemungkinan menggunakan mesin 3 silinder 1.0 liter yang digunakan pada MOTIV.e yang mana menghasilkan tenaga 70 – 80 bhp (52 – 60 kW). Memang kedengarannya jumlah tenaga itu tidak seberapa, namun dengan konstruksi mobil yang sangat ringan, pastinya mobil masih tetap lincah.

Pada desain, Yamaha terinspirasi dari gaya artistik Elementarism. Mobil sport menarik ini tampak sudah mendekati untuk siap diproduksi dan uniknya pada interior, tidak menggunakan gagang pintu pada umumnya namun dengan tali untuk lebih mengurangi berat mobil.

Baca  Debut Suzuki di Sepang Test 1 MotoGP 2015