Home » Tips & Advice » Owner's Guide » Hal Yang Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas
Owner's Guide Buyer's Guide

Hal Yang Dilakukan Setelah Membeli Mobil Bekas

IOTOMOTIF.com – Membeli mobil bekas memang suatu pilihan praktis jika kita menginginkan mobil idaman dengan harga agak miring. Jika mobkas idaman sudah dimiliki, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain tentunya biaya untuk menebus mobil tersebut, sediakan juga dana untuk beberapa perbaikan. Mengingat mobil bekas memiliki kondisi yang tidak 100%. Setelah mendapat dan membawa pulang mobil bekas idaman, segera periksa mobil anda ke bengkel, bisa ke bengkel umum atau bengkel resmi. Berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas

Tips Pengecekan Setelah Membeli Mobil Bekas

Sebelum digunakan, cek ulang kondisi kaki-kaki, mesin dan bodi secara teliti.

Segera Lakukan penggantian minyak pelumas atau oli. Baik yang masih tersisa atau masih penuh. Hal ini dilakukan karena dikhawatirkan kondisi pelumas yang ada di mobil tersebut sudah tidak bagus.

Cek sistem pendingin mesin, apakah sistem masih berfungsi dengan baik atau tidak. Bila tidak segeralah di servis dan ganti dengan yang baru.

Cek apakah kondisi mesin masih terdengar pincang atau mulus. Hal ini berkaitan dengan fungsi pengapian busi, kabel busi atau koil. Mintalah pada mekanik untuk memeriksanya sekaligus memeriksa suara ketukan dan getaran mesin. Setelah itu apakah hasil pembakaran yang keluar dari pipa pembuangan mengeluarkan asap putih tebal atau normal. Jika yang keluar adalah asap putih tebal, bisa jadi terjadi maslaah pada mesin (piston atau kepala silinder berkerak)

Periksa kondisi accu/aki dan sistem kelistrikan. Seperti dinamo starter dan alternator.

Periksa saringan udara serta saringan bensin.

Cek juga kondisi A/C atau sistem pendingin. Mengingat usia pemakaian mobil, cek kondisi freon, evoparator, ekspansi, kompressor berikut kabel-kabel selangnya.

Lakukan pengecekan komponen kaki-kaki. Bawa ke bengkel spooring dan balancing. Periksa pengaturan roda depan dan tor-in roda belakang. Periksa roda kemudi dan lengan penghubung kemudi. BEriku periksa kondisi ball-joint, tie-rod, long tie-rod, dust cover serta sokbeker.

Setelah semua pemeriksaan dilakukan, hal terakhir dan paling penting adalah masukkan mobil anda ke salon mobil.









Get a weekly email with best free content
Subscribe