Dana MotoGP Indonesia 2017 Akan Didapat Dari Pihak Swasta

IOTOMOTIF.com – Penyelenggara MotoGP, Dorna Sport tertarik untuk mengikutsertakan Indonesia sebagai tempat diadakannya ajang balap MotoGP. Kedatangan Chief Executive Officer (CEO) Dorna Sport Carmelo Ezpeleta di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beberapa waktu yang lalu juga terkait hal ini, mereka memberikan beberapa syarat, seperti perbaikan sirkuit agar sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dan bila semua syarat terpenuhi, maka penandatanganan kontrak untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tempat diadakannya MotoGP 2017 akan dilakukan pada awal tahun 2016.

Selain renovasi Sirkuit Internasional Sentul dengan total diperkirakan menelan dana sekitar Rp 150 miliar, diharuskan juga membayar pihak promotor sebesar 7 juta euro atau setara dengan Rp 109 miliar. Lalu dari mana dana itu didapat?

Juru Bicara Menteri Pemuda dan dan Olahraga (Menpora) Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa dana yang disetujui DPR hanya sebesar Rp 5 miliar dari total yang harus dikumpulkan sebesar Rp 150 miliar. Dia menjelaskan bahwa ini bisa dibilang langkah bagus karena sisanya bisa didapat dengan bekerjasama dengan pihak swasta.

“Untuk merenovasi Sirkuit Sentul, anggarannya itu Rp 150 miliar, tapi karena kondisi dan situasi ekonomi Indonesia sedang tidak kondusif maka DPR hanya memberikan Rp 5 miliar. Ibaratnya ini uang muka saja, dengan harapan pihak swasta bisa membantu,” ujar Gatot.

Irawan Sucahyono, mantan Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengatakan bahwa sebenarnya untuk menjadi tuan rumah MotoGP hanya dibutuhkan biaya 7 juta uero untuk diberikan kepada promotor, namun kondisi Indonesia yang belum memiliki sirkuit standar balap MotoGP maka biayanya menjadi lebih besar.

“Biaya untuk membayar promotor itu akan dibayar oleh Kementerian Pariwisata dan Rp 150 miliar itu untuk merenovasi Sentul sampai menjadi standar sirkuit MotoGP. Katanya sisanya akan didapat dari pihak swasta,” kata Irawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here