in

MotoGP 2015: Michelin Jelaskan Penyebab Rossi Crash Di Aragon

IOTOMOTIF.com – Pengetesan ban Michelin kali ini dilakukan di sirkuit Aragon, Spanyol. Diantara pembalap tim pabrikan dan tim satelit yang mencoba ban Michelin pada motor tunggangannya, Valentino Rossi yang mengalami crash. Beruntung pembalap Movistar Yamaha yang saat ini memimpin di klasemen sementara MotoGP 2015 ini tidak mengalami cedera parah.

Michelin Racing Technical Director, Nicolas Goubert menjelaskan bahwa banyak pembalap yang memaksa untuk memulai sesi tes lebih awal. “Kami tidak beruntung dengan cuaca kali ini. Temperatur trek masih sangat dingin, hanya 20 derajat. Beberapa pembalap ingin memulai lebih awal, dimana berujung pada crash, karena mereka tidak memanaskan bannya dengan benar,” ungkap Nicolas.

Namun untuk Rossi penyebabnya berbeda, demikian seperti analisa yang dijelaskan oleh Nicolas. Rossi crash karena menurunnya temperatur pada ban. “Valentino sudah selesai menjalani sesi tes. Dia masuk pit dan ingin mengecek sesuatu pada motornya. Dia crash di tikungan 2, untungnya dia tidak cedera parah. Di lap sebelum dia mengurangi kecepatannya, Rossi melaju lebih cepat. Ban ini tidak bisa mengikuti perubahan tersebut. Tikungan ini adalah tikungan ke kanan setelah banyak tikungan ke kiri,” jelas Nicolas.

“Kami cukup puas dengan pengembangan yang kami lakukan. Hal ini terlihat dari seberapa cepat dan konsistennya catatan waktu para pembalap. Kami melakukan pengembangan di arah yang benar. Tapi di trek ini, kami tidak punya jawaban yang tepat, baik untuk ban depan maupun ban belakang. Di sirkuit ini, kami butuh sesuatu untuk dipakai di temperatur yang rendah,” pungkasnya.

Written by RUDY. K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MotoGP 2015: Rossi Terjatuh Saat Tes Ban Michelin!

Datsun Akan Luncurkan Go-Cross Tahun 2017