IOTOMOTIF.com – Sebanyak 2,1 juta unit mobil Audi terkena imbas skandal emisi VW. Mobil-mobil anak perusahaan Volkswagen ini terbukti menggunakan software yang sama digunakan oleh Volkswagen untuk mencurangi uji emisi gas buang.

Beberapa jenis mobil Audi menggunakan piranti lunak seperti yang digunakan oleh mobil-mobil Volkswagen, demikian seperti yang dilansir oleh Reuters. Adapun beberapa model mobil Audi yang menggunakan software VW diantaranya adalah Audi A1, A3, A4, A5, A6, TT, Q3 dan Q5.

Terdapat sebanyak 1.42 juta unit Audi di Eropa bagian barat yang terindikasi menggunakan mesin EU5. Sedangkan di Jerman dan Amerika Serikat masing-masing sebanyak 577 ribu unit dan 13 ribu unit Audi yang juga terindikasi menggunakan software untuk mengelabui uji emisi.

Sebelumnya Volkswagen juga telah terbukti bersalah karena melanggar standar emisi gas buang. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat menemukan bahwa VW telah menggunakan piranti lunak untuk mengelabui hasil uji emisi gas buang.

Skandal tersebut juga harus membuat VW menarik 11 juta unit mobil produksinya yang menggunakan software tersebut. Tidak hanya itu, VW juga didenda sebesar $18 miliar karena kecurangannya tersebut. Skandal ini juga berdampak besar pada produsen mobil yang menggunakan mesin diesel lainnya.

CEO Volkswagen, Martin Winterkorn pun meminta maaf kepada publik atas pelanggaran yang telah dilakukan oleh perusahaannya. Winterkorn pun mengundurkan diri dari jajaran eksekutif VW dan kini digantikan oleh bos Porsche, Matthias Muller.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here