Nissan GRIPZ Concept Crossover Sport

Nissan GRIPZ Concept 003 www.iotomotif.com

IOTOMOTIF.com – Selama ini Nissan dikenal sebagai pabrikan otomotif yang memiliki produk dengan desain inovatif yang tidak biasa, sebut saja Nissan Juke, Nissan GT-R dan Nissan 370Z. Kali ini Nissan kembali memperkenalkan mobil inovatifnya berkonsep Crossover Sport yang menyasar untuk konsumen remaja.

Seperti yang dijelaskan oleh Nissan, Gripz Concept menggabungkan ciri khas crossover compact dengan rasa dan performa sebuah mobil sport. Secara dimensi, pada dasaranya Nissan Gripz Concept adalah crossover kompak, Namun garis desain yang membentuk bodinya memperlihatkan DNA mobil sport. Terinspirasi dari juara reli Nissan 240Z yang membuktikan kemampuan mobil sport juga mampu melintasi medan off-road dengan baik.

[su_pullquote]Berteknologi EV (Electric Vehicle) Dengan Mesin Bensin Sebagai Pendukung Motor Listrik[/su_pullquote]

Nissan Gripz Concept dilengkapi dengan teknologi elektrik Pure Drive e-Power hybrid system, dimana mesin bensin digunakan untuk mendukung motor listrik, seperti halnya pada Nissan LEAF. Konfigurasi yang digunakan diklaim mampu memberi akselerasi halus dan efisien.

“Nissan telah memelopori segmen compact crossover, dan hal itu terefleksikan oleh popularitas Qashqai dan Juke serta menumbuhkan pasar di segmen ini di mana para produsen lain berusaha mengerjar kami,” kata Shiro Nakamura, Senior Vice President and Chief Creative Officer.

Mobil Berkepribadian Ganda

Dikembangkan dari kolaborasi antara Nissan Design Europe (eksterior) di London dan Nissan Global Design Center Jepang (interior). Nissan menggunakan analogi sebuah sepeda untuk mendeskripsikan Gripz yang memiliki “Dua Kepribadian”. Memiliki empat pintu, dua pintu depan dan sepasang pintu belakang, uniknya pintu ini terbuka saling berlawanan bergaya “suicide door”. Karena tidak memiliki pilar-B, akses masuk kedalam interior berkonfigurasi jok 2+2 sangat mudah. Velg roda berukuran 22 inci dengan desain tiga-spoke terinspirasi sepeda balap – yang berarti ringan namun kuat, dibalut dengan ban kustom ber-tekanan tinggi dari Bridgestone.

Dengan grill depan berbentuk V, Gripz memiliki sepasang kamera yang tertanam pada bagian lampu depan, nampak sangat serasi denga perpaduan warna merah-oranye yang mendominasi bodinya. Konsep Nissan Gripz memiliki dimensi panjang 4,100 mm (161 in), lebar 1,890 mm (74 in) dan tiggi 1,500 mm (59 in) serta panjang wheelbase 2,580 mm (101 in), melihat ukuran dimensi Gripz, ternyata mobil ini memiliki dimensi lebih besar serta wheelbase panjang dibanding Nissan Juke. Sebagai mobil konsep, Nissan Gripz merupakan sosok masa depan mobil-mobil Nissan dengan label Z.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here