Mobil Konsep Daihatsu D-X Berjiwa Muda

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Selain menampilkan ‘mobil murah’ Daihatsu Ayla, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menurut sertakan beberapa mobil konsepnya di ajang IIMS 2012. Dua diantaranya adalah Daihatsu D-X dan D-R.

Kedua mobil konsep Daihatsu ini memiliki keunikan yang terletak  pada bodinya, selain terbuat dari bahan resin (plastik), bodi D-X dan D-R bisa digonta-ganti sesuai selera. “Penggantian bodi bisa dilakukan di rumah, tidak perlu ke bengkel,” ungkap Satriyo Buditomo, Executive Coordinator Development Project Team Research and Development Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (24/9/2012).

Mobil yang mengusung model kabriolet dan coupe ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas kecil 660 cc dua silinder DOHC, injeksi langsung, berpendingin cairan dan dilengkapi dengan turbo. Jantung pacunya mampu menghasilkan tenaga 64 PS pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 2.000 rpm dengan transmisi CVT.

Daihatsu D-X dan D-R ini memiliki dimensi Panjang 3.395 mm, Lebar 1.476 mm, dan tinggi 1.275 mm. Kedua mobil ini menggunakan pelek ring 17 inci dengan ukuran ban 165/50. Sedangkan untuk desain secara keseluruhan, keduanya mengusung gaya yang berbeda, Daihatsu D-X lebih bergaya crossover sedangkan D-R lebih ke arah sportscar. Menariknya lagi, atapnya juga di desain layaknya “roadster” yang bisa buka tutup.

Rencananya prinsipal Jepang akan meluncurkan salah satunya, D-R, dalam waktu dekat ini. Sementara ADM masih melakukan studi untuk melihat animo masyarakat Indonesia, salah satunya melalui ajang IIMS 2012. Hal tersebut dilakukan ADM, mengingat citra mobil sport di tanah air lebih dikenal memiliki bodi dan mesin yang besar. Dan jika hasilnya bagus dalam dua sampai tiga tahun, kemungkinan keduanya akan dipasarkan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here