IOTOMOTIF.com – Toyota menggunakan teknologi baru mesin Dual VVT-i pada Grand New Avanza yang meluncur pada awal bulan ini. Dan kemungkinan besar teknologi mesin ini juga akan hadir pada model laiinya. Model berpeluang paling besar adalah duo small SUV, Rush-Terios.

Model major change Toyoya Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia sudah menggunakan mesin baru berteknologi dual VVT-i, 1NR-VE dan 1.3L 1NR-VE. Namun duo Rush-Terios yang baru mendapatkan versi facelift pada bulan Maret yang lalu masih menggunakan mesin lama, yaitu 1.5L 3SZ-VE.

Dadi Hendriadi yang menjabat sebagai GM Technical Service Toyota Astra Motor, mengatakan bahwa penggunaan teknologi dual VVT-i pada Toyota Rush kemungkinan besar akan terjadi. “Menunggu momen saja karena sebetulnya mesinnya sama seperti Avanza,” kata Dadi di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Rabu (26/8/2015).

Dedi menjelaskan bahwa sebenarnya pemindahan mesin baru dari Avanza terbaru ke Rush tidak sulit. Namun tetap perlu meneliti banyak hal karena spesifikasi yang berbeda, seperti pada bobot kendaraan, hambatan angin, Electronic Control Unit, dan sistem gerak. “Harus dievaluasi lebih dulu,” kata Dadi.

Dedi masih belum mau berkomentar kapan mesin berteknologi dual VVT-i ini akan digunakan pada Rush, dan yang menjadi catatan adalah saudara kembarnya, Daihatsu Terios juga akan mendapatkan pengembangan yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here