IOTOMOTIF.com – Pada awal bulan ini duo Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia meluncur dengan mesin yang telah menggunakan teknologi dual VVT-i yang dikatakan lebih bertenaga juga lebih hemat bahan bakar. Setelah duo tersebut, berhembus kabar dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengenai duo Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang juga akan menggunakan mesin berteknologi bukaan katup elektronik dual VVT-i. Memang saat ini, sejak pertama kali meluncur Daihatsu Terios masih menggunakan mesin 1.5L 3SZ-VE yang juga digunakan pada model lama Avanza.

“Ini untuk menghemat biaya pengembangan produk Daihatsu dan Toyota. Kemungkinan ada produk yang menggunakan mesin yang sama. Sampai saat ini kita baru saja melakukan minor change buat Terios, mungkin produk selanjutnya (menggunakan mesin dual VVT-i),” jelas Satriyo Budiutomo yang menjabat sebagai Development Project Team Departement Head ADM, di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Rabu (26/8/2015).

Duo Rush dan Terios baru saja mendapatkan penyegaran pada desain. Versi baru “New” kedua model tersebut meluncur sejak bulan Maret yang lalu dengan perubahan ringan pada sisi tampilan namun tetap menggunakan mesin sama.

Satriyo menjelaskan bahwa duo Avanza-Xenia merupakan model global pertama Daihatsu yang menggunakan mesin dual VVT-i pada 1.3L 1NR-VE. Dan kedepannya, teknologi mesin dual VVT-I juga akan digunakan pada model lain dengan mesin berkapasitas di atas 1.200 cc.

Sebelumnya juga pihak Toyota mengatakan hal yang sama. Dadi Hendriadi yang menjabat sebagai GM Technical Service TAM mengatakan bahwa kemungkinan duo Terios-Rush juga akan menggunakan teknologi mesin dual VVT-i. “Menunggu momen saja karena sebetulnya mesinnya sama seperti Avanza,” kata Dadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here