in

Harga Mobil Akan Kembali Naik

Mitsubish Pajero Sport 2016 Eksterior www.iotomotif.com

IOTOMOTIF.com – Saat ini kondisi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika terus menurun, bahkan saat ini mencapai angka Rp 14.000,- yang tentu saja berdampak pada berbagai bidang, salah satunya berpengaruh terhadap harga jual mobil.

Yongki Sugiarto selaku Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan bahwa dampak terparah akan dirasakan oleh agen pemegang merek (APM) yang mengimpor kendaraan secara utuh (CBU).

“Beberapa merek mobil masih mengimpor mobil secara utuh. Ada juga yang melakukan completely knock down (CKD) tapi bahannya impor. Lalu industri komponen, bahan bakunya juga dari luar negeri. Semuanya ini berkaitan dengan nilai dolar,” jelasnya saat konferensi pers Gaikindo di perhelatan GIIAS, ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Selasa (25/8/2015).

Dengan kondisi ini, Yongki mengatakan bahwa tidak ada pilihan lagi bagi APM selain meningkatkan harga jual produk mereka bila kondisi ini terus berlanjut. Peningkatan ini akan dimulai oleh pelaku industri komponen automotif yang melakukan dan akan disusul oleh distributor mobil.

“Kalau harga bahan baku komponennya dinaikkan, harga parts-nya naik. Kalau sudah begini, harga mobil dipastikan akan naik. Maka itu diharapkan semuanya cepat membaik, biar tidak perlu ada kenaikan harga. Karena jika harga sudah naik maka daya beli juga akan kembali menurun,” pungkas dia.

Written by Celia Renata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perubahan Pada Daihatsu Ayla Special Edition

Mobil Modifikasi Toyota Agya Kojo Tampil di GIIAS