Harga Jadi Alasan Yamaha R3 Tidak Dipasarkan di Indonesia

IOTOMOTIF.com – Yamaha belum lama ini meluncurkan Yamaha YZF-R3 Sportbike di India. Motor sport R3 untuk pasar India tersebut merupakan produksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Namun meski diproduksi di tanah air, ternyata motor sport tersebut tidak dipasarkan di Indonesia.

Mohammad Masykur selaku assistant GM marketing PT YIMM mengatakan “R3 di India benar produksi Indonesia cuma di sana bukan CBU tapi completely knock down (CKD). Kita mengikuti aturan yang ada di India. Pengiriman sudah dimulai,”

“Strateginya sudah ada, namun waktunya kapan dan sebagainya saya tidak punya akses ke sana. Tapi sudah sangat jelas kalau kita jual R3, misalkan harganya Rp 53 juta ditambah pajak 60 persen berarti berarti tambah Rp 30 juta jadi harganya sekira Rp 80 jutaan. Nah, sekarang balik lagi ke konsumen kira-kira mau tidak dengan harga segitu, ” jelas Masykur.

Dan seperti yang diketahui motor dengan kapasitas mesin lebih dari 250 cc akan dikenakan biaya pajak tambahan sekitar 60 persen di Indonesia. Jelas hal tersebut memang akan melambungkan harga motor itu. Di India sendiri motor ini dijual dengan harga sekitar Rp 69 jutaan.

Jantung pacu Yamaha R3, mesin dua-silinder DOHC berkapasitas 321cc dengan fuel-injection dan transmisi 6 percepatan ini mampu menghasilkan tenaga 42 HP dan torsi 29,6 Nm pada putaran 12,500 hingga 13,500 rpm. Motor ini memiliki dimensi panjang 2.090 mm, lebar 720 mm , tinggi 1.135 mm, dan wheelbase 1.380 mm. Tangki bahan bakar mampu menyimpan hingga 14 liter bahan bakar dan dengan rem cakram 298 mm di roda depan, dan 220 mm di belakang, piston racing, direct drive camshaft serta carburized conrods. Hadir dengan dua pilihan warna, Racing Blue (biru) dan Black Lightning (hitam).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here