Home » News » Nasional » Kelebihan dan Kekurangan Pertalite BBM Baru Pertamina
Nasional

Kelebihan dan Kekurangan Pertalite BBM Baru Pertamina

IOTOMOTIF.com – Pertamina merilis Pertalite sebagai bahan bakar baru yang menggantikan Premium sebagai bahan bakar yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Lalu apa saja kelebihan serta kekurangan dari bahan bakar Pertalite ini?. Berikut ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan Pertalite dan perbandingan dengan bahan bakar Premium.

Pertalite memiliki kualitas yang lebih baik dari Premium dengan jumlah RON Pertalite sebesar 90-91 sementara Premium memiliki RON 88. Karena memiliki RON yang lebih tinggi dari Premium, Pertalite lebih bagus dalam menjaga kualitas ruang bakar yang lebih bersih sehingga dapat menjaga keawetan mesin. Emisi gas buang Pertalite juga lebih baik dari Premium sehingga lingkungan sedikit lebih terjaga. Dari segi harga, Pertalite dijual dengan harga yang tidak terlalu jauh dari Premium, yaitu Rp 8.400 per liter.

Dengan banyak keunggulan dan kelebihan Pertalite bila dibandingkan dengan Premium, ternyata bahan bakar jenis baru ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya ternyata masih banyak jenis kendaraan yang belum bisa memakai Pertalite. Hal ini disebabkan karena banyak kendaraan yang dipakai masyarakat Indonesia sudah memiliki spesifikasi minimum RON adalah 91-93 jadi sebenarnya untuk bahan bakar sendiri pertamax adalah spec minimun syarat pengisian bahan bakar. Dengan nilai RON 90-91 Pertalite tentu tidak dapat dijadikan bahan bakar pengganti untuk kendaraan yang memang diharuskan menggunakan Pertamax 92 sebagai bahan bakar utamanya.

Jenis kendaraan yang menggunakan spesifikasi bahan bakar RON 91-93 misalnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Kijang Innova, Honda Jazz, Suzuki Ertiga dan masih banyak lagi. Sebaiknya pemiliki kendaraan memperhatikan spesifikasi minimum bahan bakar yang dipakai. Akan tetapi tetap saja jika memang kendaraan Anda memang sudah memiliki spesifikasi dengan bahan bakar RON lebih tinggi ada baiknya Anda tetap memakai bahan bakar yang sesuai jangan dipaksakan menggunakan bahan bakar Pertalite, karena akan berdampak buruk pada kendaraan.









Get a weekly email with best free content
Subscribe