Home » News » Headlines » Preview Grand New Avanza, Perubahan Total Luar Dalam
Headlines Nasional

Preview Grand New Avanza, Perubahan Total Luar Dalam

Grand New Avanza 2015-2016

Toyota Avanza berusaha kembali mempertahankan posisinya sebagai mobil MPV keluarga terlaris di Indonesia lewat model terbaru yang dinamakan Grand New Avanza.

Walaupun baru akan resmi diluncurkan beberapa hari lagi bocoran sosok Avanza baru ini sudah banyak beredar di Internet mulai dari gambar interior, eksterior hingga videonya. Sekilas sosok Grand New Avanza nampak tidak banyak mengalami perubahan dalam hal desain eksterior kecuali pada sedikit wajah depan dan belakang, namun model baru ini disebut Big Minor Change yang meliputi eksterior, interior, mesin, line-up dan fitur keselamatan. Lalu bagaimana dan apa saja perubahan Grand New Avanza ini, mulai dari eksterior, interior, fitur hingga mesin.

Eksterior

Mulai dari facelift pada bagian depan Grand New Avanza sudah mengusung bahasa desain khas Toyota yang dinamakan ‘Keen Look’. Perubahan signifikan terlihat pada desain gril, headlamp,kap mesin, bumper depan serta panel bodi depan. Bentuk lampu depan yang tipis menimbulkan kesan bold sehingga telihat lebih gagah. Menggunakan grill besar seperti yang banyak digunakan pada mobil-mobil model baru dewasa ini memperkuat kesan kokoh dan mewah di wajah mobil MPV andalan Toyota ini.

Grand New Avanza 2015-2016 001

Berlanjut ke bagian belakang, Avanza baru ini tidak terlalu banyak mengalami perubahan, hanya desain lampu belakang yang sedikit berbeda dengan garnish penutup lampu plat nomor kendaraan. Susunan lampu belakang kini berubah, dengan sein dan lampu mundur berada di atas lampu rem. Khusus untuk varian Grand New Avanza tipe G dan Veloz mendapat lens garnish merah yang menyatu dengan garnish krom penutup lampu plat nomor. Secara keseluruhan, desain baru bagian belakang Avanza ini memberi kesan lebih lebar.

Interior

Grand New Avanza menawarkan banyak perubahan pada bagian interiornya, jika pada Avanza pendahulu menggunakan kelir beige, kini model baru menggunakan warna cokelat agak gelap. Motif kain pembungkus jok juga nampak lebih baik dan berkesan mewah. Bagian dashboard center cluster di sekitar tombol pengaturan AC untuk tipe G diberi warna silver sementara tipe E masih berwarna seperti material aslinya, Terdapat pula ornamen garnish silver memanjang horisontal diatas laci utama dashboard sebagai pemanis. Fitur pendingin ruangan atau AC kini sudah dilengkapi dengan fungsi pengatur untuk memasukkan udara dari luar. Semua model varian Grand New Avanza terbaru sudah dibekali head unit double DIN, dilengkapi dengan colokan aux-in dan USB. Khusus head unit Grand New Avanza Veloz dan G terdapat fitur konektivitas Bluetooth dan pengaturan iPod.

Grand New Avanza 2015-2016 003

Yang menarik, pada panel instrumen terdapat indikator ‘ECO’ untuk memberi tanda pengendaraan mobil yang efisien sehingga lebih hemat bahan bakar. Indikator ‘ECO’ ini terdapat pada semua varian. Selanjutnya panel instrumen masih mempertahankan lampu pendar oranye, namun desain meter cluster dibuat lebih mudah untuk dipantau.

Konfigurasi tepat duduk diklaim lebih praktis, dengan adanya perubahan pada bangku baris ketiga. Bila pada Avanza model sebelumnya hanya sandaran bangku yang terbagi dua, kini dudukan bangku baris kedua Grand New Avanza juga terbelah, sehingga alternatif konfigurasi bangku untuk mengangkut penumpang dan barang lebih banyak.

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Hadir sebagai model baru Big Major Change, Grand New Avanza diklaim memiliki kelengkapan fitur safety  (keselamatan berkendara) yang cukup lengkap. Langkah tersebut dilakukan Toyota dalam rangka menyesuaikan standar Avanza dengan persyaratan rating crash test ASEAN NCAP. Seluruh bangku dilengkapi dengan seatbelt tiga titik termasuk untuk bangku penumpang belakang. Terdapat pula fitur seatbelt warning pada center cluster untuk memberi peringatan kepada penumpang agar menggunakan sabuk keselamatan.

Selain seatbelt, seluruh bangku juga telah dilengkapi headrest, lalu untuk headres bangku paling belakang terbagi dalam dua bagian. Jok bangku baris tengah menggunakan model headrest saddle type, dilengkapi dengan pengait ISOFIX dan Top Tether Anchor. Grand New Avanza model baru kini lebih aman dalam mengantisipasi kecelakaan dengan dilengkapi fitur sistem rem ABS pada semua varian dan rem cakram depan menggunakan tipe ventilated.

Untuk fitur keamanan pada Avanza baru ini sudah dilengkapi dengan sistem koncu immobilizer sehingga mobil susah dihidupkan tanpa kunci bawaan pabrik.

Mesin

Perubahan paling besar pada Avanza baru adalah pada bagian mesin. Bila pada Avanza model lama menggunakan mesin VVT-i, kini Grand New Avanza menggendong mesin Dual VVT-i yang diklaim memiliki performa lebih baik. Mesin baru ini tersedia dalam pilihan mesin 1.3 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc dan varian 1.5 dengan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc. Sebagai pengganti mesin berkode K3-VE dan 3SZ-VE pada model lama, kini seri NR dinilai lebih ringan dengan blok alumunium sehingga cocok untuk mobil-mobil kompak termasuk dipilih untuk model Avanza baru.

Mesin seri NR banyak digunakan di China dan Eropa, dikembangkan sejak 2008, mesin seri ini sebelumnya juga digunakan untuk model Toyota lain seperti Corolla, iQ, Auris, Verso, Yaris dan Vios. Pengembangan mesin seri NR masih terus dilanjutkan untuk menghasilkan varian mesin baru yang sesuai dengan tuntutan performa dan emisi yang semakin ketat. Keunggulan mesin baru Grand New Avanza meliputi performa, efisiensi bahan bakar, dan kadar emisi yang lebih ramah lingkungan.

foto/gambar: Car&Tuning Guide









Get a weekly email with best free content
Subscribe