MotoGP Bisa Hadir Kembali di Indonesia Tahun 2017

MotoGP Indonesia 2017 Bisa Terjadi www.iotomotif.com

IOTOMOTIF.com – Pembicaraan diadakan di Jakarta kemarin melibatkan Dorna Sports, pemerintah Indonesia dan Sirkuit Sentul. Grand Prix Indonesia terakhir kali berlangsung di sirkuit Sentul pada tahun 1997. Meskipun popularitas MotoGP di tanah air begitu besar juga status Indonesia sebagai pasar motor terbesar di dunia, usaha untuk membawa kembali balap motor tingkat dunia beberapa tahun terakhir (termasuk World Superbike untuk musim 2013) semuanya gagal.

Namun CEO Dorna SPort, Carmelo Ezpeleta mengatakan bahwa Indonesia akan mendapatkan tempat pada kalender MotoGP dari tahun 2017 hingga 2021 bila infrastruktur yang disyaratkan tersedia. Saat ini di Asia Tenggara, MotoGP berlangsung hanya di Malaysia, namun Thailand juga berusaha untuk menggelar ajang balap antar raja tersebut. Bila berlangsung dengan cepat dan lancar, tahun depan sudah bisa digelar di sana. Thailand juga sebelumnya sukses menggelar ajang WSBK di sirkuit new Chang International Circuit.

Ezpeleta selaku CEO Dorna baru saja memberikan proposal komersial baru kepada tim MotoGP untuk tahun 2017 ke depan. Ini termasuk maksimal 20 seri yang berarti dua slot lagi bila dibandingkan pada jadwal MotoGP tahun ini.

Namun Austria juga telah terkonfirmasi sebagai tambahan baru untuk musim berikutnya, artinya jika Indonesia dan Thailand menjadi tempat baru berlansungnya MotoGP, maka salah satu seri akan tersingkirkan.

Sekedar mengingatkan bahwa pada musim MotoGP yang lalu, ketika ditanya mengenai penambahan seri MotoGP, para produsen memilih Asia dan Amerika Selatan sebagai target utama pasar motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here