IOTOMOTIF.com – Mobil Honda terbaru di segmen Low MPV, Mobilio, diperkenalkan pertama kali pada pagelaran Indonesia International Motor Show 2013 dan mulai dijual pada Januari 2014. Generasi pertama Honda Mobilio sebelum sudah dipasarkan terlebih dahulu di Jepang tahun 2001 -2008 yang merupakan seri kedua Honda Small Max dan menggunakan platform global Honda dengan mesin iDSI, namun di Jepang pada tahun 2008 Honda Mobilio digantikan oleh Honda Freed. Generasi kedua Honda Mobilio dibuat berdasarkan pada Honda Brio dan masuk ke dalam segmen Low MPV dengan konfigurasi tempat duduk 7 penumpang.

Honda Mobilio 2015

Versi standar Honda Mobilio memiliki 4 varian, Type S M/T, Type S M/T, Type E CVT dan Type E CVT Prestige. Sedangkan untuk versi sporty Honda Mobilio RS hanya memiliki 2 varian, RS Type M/T dan RS Type CVT. Pilihan warna sendiri ada 7, Premium Dynamic Blue Pearl (biru), Lonized Brown Metallic (Coklat), Brilliant Gold Metallic (Krem), Taffete White (Putih), Polished Metal Metallic (Grey/Abu-abu), Crystal Black Pearl (Hitam), Alabaster Silver Metallic (Silver) untuk versi S dan E, sedangkan untuk versi RS terdapat 5 pilihan warna; Lonized Brown Metallic (Coklat), Brilliant Gold Metallic (Krem), White Orchid Pearl (Putih), Modern Steel Metallic (Gray/Abu-abu), Crystal Black Pearl (Hitam), Alabaster Silver Metallic (Silver). Versi yang saat ini ada di pasar, memiliki dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm, wheelbase 2.650 mm, dengan ground clearance 189 mm. Tampilan luar Honda Mobilio RS makin sporty dengan lampu baru menggunakan LED dan lampu proyektor. Sementara itu grille dilapisi krom, bumper depan yang agresif, side skirt, dan spoiler di atap. Bergerak di atas pelek alloy berukuran 15 inci.

Sumber tenaga berasal dari mesin 4 silinder segaris 16 katup i-VTEC berkubikasi 1.496 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 118 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT. Memiliki kapasitas tangki 42 liter. Konsumsi bahan bakar rata-rata diklaim mencapai 24,2 km/liter.

Tipe terendah dari Mobilio tersedia dengan fitur reclining seat pada baris kedua dan ketiga, AC, power steering dan kemudi yang dapat diatur ketinggiannya. Sementara tipe S menambahkan fitur-fitur seperti 2-DIN, steering mounted controls, AC double blower, rear defogger dan keyless entry. Varian Honda Mobilio V hadir dengan fitur yang lebih banyak lagi, dengan dua airbag di depan, ABS, EBD, pelek alloy, wiper belakang, lampu kabut, interior dua warna dan sliding seat pada baris kedua. Fitur ABS dan EBD juga menjadi fitur standar di semua jenis bermesin diesel Honda Mobilio.

Harga

Harga mobil yang tiap tahunnya naik membuat banderol harga segmen low MPV yang dulunya tidak terlalu tinggi kini menanjak naik. Bahkan kisaran harga mobil low MPV ketika segmen ini pertama kali muncul sudah digantikan oleh model-model di segmen mobil murah (LCGC). Harga Honda Mobilio terendah Rp 168.5 juta untuk varian Honda Mobilio Type S M/T, sedangkan untuk versi tertinggi Prestige dilepas dengan harga Rp 208.5 juta. Namun Honda juga memberikan versi yang tampil lebih sporty, RS yang dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi daripada versi Prestige.

Daftar Harga Honda Mobilio

Model Harga
Honda Mobilio Type S M/T Rp. 168.500.000
Honda Mobilio Type E M/T Rp. 189.000.000
Honda Mobilio Type E CVT Rp. 200.000.000
Honda Mobilio Type E CVT Prestige Rp. 208.500.000
Honda Mobilio RS Type MT Rp. 212.000.000
Honda Mobilio RS Type CVT Rp. 222.500.000

Kompetitor

Honda Mobilio yang berada di segmen paling gemuk di pasar otomotif tanah air, Low MPV memiliki pesaing seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia. Namun meski memiliki pesaing seperti Avanza, Honda Mobilio terlihat masih sangat diminati masyarakat, terlihat dari angka penjualannya yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here