Volvo Bangun Pabrik Baru di Amerika

IOTOMOTIF.com – Produsen mobil asal Swedia, Volvo mengeluarkan dana sebesar 500 juta USD (setara dengan Rp 6,54 triliun) untuk membangun pabrik perakitan pertama mereka di Amerika Serikat. Pengumuman akan pabrik baru yang dilakukan juga mengatakan bahwa mereka sudah menemukan tempat potensial untuk pabrik. Namun masih belum dikatakan dimana lokasi dibangunnya pabrik tersebut maupun kapan mulai dibangun.

Pembangunan pabrik baru ini merupakan salah satu usaha Volvo untuk meningkatkan penjualan mereka. Ini merupakan salah satu langkah besar Volvo setelah berganti kepemiliki ke Ford dari Geely dan mendapatkan suntikan dana.

“Volvo Cars tidak bisa mengklaim diri sebagai pemain global tanpa ada fasilitas industri di AS. Sekarang, kami sudah menyatakan demikian,” kata Hakan Samuelsson yang menjabat sebagai CEO Volvo

“AS merupakan bagian penting dari transformasi global kami dan pengumuman hari ini menjadikan poin penting kalau Volvo hadir di AS dan berniat untuk tinggal,” lanjut Hakan.

Pabrik baru tersebut direncanakan untuk difokuskan memenuhi kebutuhan pasar Amerika dengan target penjualan sebesar 100.000 unit per tahun. Tahun lalu, Volvo berhasil menjual 56.366 unit di Amerika. Pada tahun 2007 yang lalu, merek asal Swedia tersebut memiliki penjualan lebih dari 100.000 unit, tepatnya 106 213 unit. Memang saat ini Volvo mengalami penurunan penjualan, tidak hanya Volvo namun beberapa merek Eropa di Amerika.

Rencana pengembangan pabrik ini dilaporkan telah direncanakan sejak dua tahun terakhir. “Sekarang fokus kami adalah mendorong pertumbuhan bisnis dan kembali menembus penjualan di atas 100.000 unit,” jelas Hakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here