Home » News » Ragam » Otopedia » Perbandingan Mobil Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Otopedia Owner's Guide Comparisons

Perbandingan Mobil Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Dalam pemilihan kendaraan, pemilihan jenis mesin kendaraan sering dijadikan pertimbangan yang penting. Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana perbandingan secara umum, mesin diesel dan mesin bensin. Namun banyak juga yang belum tahu mengenai hal ini. Kali ini, iotomotif.com akan membahas tentang perbandingan mobil degan mesin diesel dan mesin bensin, serta kekurangan dan kelebihan mesin diesel maupun bensin secara umum.

Mesin diesel merupakan sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).

Sedangkan mesin bensin yaitu sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran, dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenis.

Berikut ini perbandingan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Performa

Mesin bensin memiliki Horse Power (Daya Kuda) lebih besar dibandingkan mesin Diesel. Namun mesin Diesel memiliki torsi yang lebih besar terutama pada putaran bawah.

Akibatnya pengendara mobil bermesin bensin akan merasakan kelincahan mobilnya. Sedangkan bagi pengendara mobil Diesel akan merasakan manfaatnya ketika harus membawa beban berat atau menempuh medan yang ekstrim. Itula mengapa banya jenis truk dan bus yang menggunakan mesin diesel.

Kenyamanan

Mesin bensin lebih halus dibandingkan mesin diesel. Hal ini disebabkan karena mesin diesel menggunakan mekanisme kompresi tinggi dalam proses pembakarannya (lebih tinggi dibandingkan mesin bensin).

Namun secara konstan teknologi mesin diesel semakin canggih dan sanggup membuat mesin diesel modern jauh lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional. Pabrikan mobil mewah seperti BMW sekalipun sudah mengembangkan line-up bermesin diesel

Ketahanan / Durability

Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar mesin diesel bisa bekerja lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin-mesin industri rata-rata menggunakan teknologi diesel.

Efisiensi

Mobil bermesin Diesel dapat dikatakan lebih efisien dari mobil bermesin diesel dengan kapasitas yang sama. Belum lagi bila dihitung perbedaan harga perliter antara bensin (pertamax) dengan solar.

Ramah Terhadap Lingkungan / ECO Friendly

Mesin bensin jelas lebih unggul namun kehadiran bio solar mulai mengecilkan perbedaan ini. Tetapi tetap saja mesin bensin lebih unggul terutama dengan adanya Catalytic Converter.

Itulah perbandingan secara umum antara mesin diesel dan mesin bensin. Mengingat perbedaan teknologi pada pabrikan otomotif, serta kemajuan teknologi otomotif yang cukup pesat, saat ini banyak pabrikan otomotif yang mengembangkan teknologi mesin diesel yang dapat menyaingi mesin bensin.









Get a weekly email with best free content
Subscribe