MPV Mitsubishi Siap Jadi Bersaing Dengan Mobilio dan Avanza

IOTOMOTIF.com – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memulai pembangunan pabrik baru mereka di GIIC, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, Mitsubishi juga membocor sketsa salah satu model terbaru yang akan bersaing dengan Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza di segmen small MPV (Multi Purpose Vehicle) di pasar otomotif Indonesia.

Dari sketsa tersebut, Mistubishi mengklaim MPV nya kecil memiliki tiga kelebihan, yaitu sporty and tough appearance, high class interior, dan convertable (7 seats and seat arragement).

Jika dilihat, sketsa dengan gradasi warna biru mengisyaratkan bahwa mobil small MPV memiliki bentuk desain yang identik dengan kompetitornya. Selain itu, pada headlamps tampil lebih tipis dan memanjang.

“Produk ini benar-benar belum ada dikembangkan di Jepang maupun negara lain, ini khusus untuk pasar Indonesia,” kata Osamu Masuko selaku Chairman & CEO MMC.

Segmen low MPV di pasar otomotif nasional memang sangat besar, dengan total penjualan mencapai 1.1 juta, segmen ini mampu menyerap 36 persen, atau sebesar 600 ribu unit.

Bahkan Masuko berani berkata jika MPV baru Mitsubishi ini hadir, pasar segmen LMPV akan bertambah dari 600 ribu menjadi 700 ribu.

Pabrik baru yang dibangun di Bekasi ini menurut Masuko akan menjadi pabrik terbesar ketiga Mitsubishi di dunia untuk memproduksi mobil segmen small MPV dengan mesin berkapasitas 1500 cc. Selain memproduksi SMPV, pabrik juga akan memproduksi Pajero Sport dan COLT L300 tetapi tidak untuk ekspor. Mitsubishi sendiri memiliki total 30 pabrik di seluruh dunia. Pabrik baru di Indonesia ini akan menjadi salah satu pabrik-pabrik strategis selain di Thailand, Cina dan Rusia.

Produksi akan berlangsung pada Agustus 2017 dengan total produksi 25.000-30.000 unit di awal untuk pasar di Indonesia, kemudian meningkat menjadi 80.000 unit per tahun dari total kapasitas produksi maksimal 160.000 unit. Kondisi pasar domestik sendiri diperkirakan akan terus tumbuh dan pada saat itu kapasitas produksi pabrik baru bisa ditingkatkan dari 160.000 unit menjadi 240.000 unit per tahun.

Ekspor akan dimulai pada tahun 2018 ke Filipina, Thailand, dan Vietnam. Setelahnya akan diekspor ke Afrika, Timur Tengah dan Amerika Selatan.

Pabrik Mitsubishi yang direncanakan selesai dibangun tahun 2017 ini berdiri di atas lahan seluas 30 hektar dengan menyerap tenaga kerja hingga 3.000 pekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here