Mitsubishi Low MPV 7 Penumpang Tidak Hanya Untuk Pasar Domestik

IOTOMOTIF.com – Mitsubishi Indonesia mulai pabrik baru di Greenland International Industrial Pusat (GIIC), Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik baru ini direncanakan untuk memproduksi low MPV yang akan bersaing dengan model seperti Honda Mobilio, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga mulai pada Agustus 2017. Indonesia terpilih menjadi basis produksi model dan akan memasok ke berbagai negara di dunia.

Osamu Masuko selaku Chairman of the Board dan CEO Mitsubishi Motors Corporation Mitsubishi Motor Corporation mengatakan bahwa pada tahap awal, kapasitas produksi masih kecil dan akan dinaikkan secara bertahap. Ekspor MPV harga terjangkau tersebut dapat dilakukan setelah kapasitas sudah ideal.

“Kami hanya punya beberapa bulan di 2017, paling produksi baru sekitar 25.000-30.000 unit dan akan kita fokuskan untuk pasar Indonesia dulu. 2018, baru mulai diekspor ke beberapa negara di ASEAN, seperti Thailand, Filipina, dan Vietnam,” kata Osamu.

Saat ini Mitsubishi sendiri mengaku tengah berusaha untuk memenuhi tuntutan pemerintah untuk memenuhi kuota ekspor sebesar 30 persen dari kapasitas produksi 160.000 unit per tahun. “Pada 2019, ekspor diperkirakan akan meningkat menjadi 40.000-50.000 unit, masuk ke beberapa negara di Timur Tengah dan Afrika,” kata Osamu.

Kondisi pasar domestik sendiri diperkirakan akan terus tumbuh dan pada saat itu kapasitas produksi pabrik baru bisa ditingkatkan dari 160.000 unit menjadi 240.000 unit per tahun. Pabrik Mitsubishi yang direncanakan selesai dibangun tahun 2017 ini berdiri di atas lahan seluas 30 hektar dengan tenaga kerja hingga 3.000 pekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here