Honda Mobilio dan HR-V Tingkatkan Penjualan Honda

IOTOMOTIF.com – Pada awal tahun ini industri otomotif di Indonesia mengalami penurunan, hal ini juga berlangsung di propinsi Jawa Barat. Namun meski begitu, penjualan mobil Honda naik 17,3 persen.

“Kebetulan saya tidak memegang data pastinya. Tapi selama Januari-Februari 2015, pasar di Jabar untuk semua merek turun sekitar 5 persen. Namun penjualan Honda naik 17,3 persen,” kata Junianto Naibaho yang menjabat sebagai Manajer Operasional PT Honda Bandung Center (HBC), main dealer Honda di Jabar-Serang.

Junianto juga mengatakan, dibandingkan dengan penjualan Januari-Februari 2014, penjualan Honda naik sekitar 58 persen di Jawa Barat. Peningkatan penjualan tersebut didorong oleh model Mobilio, HR-V, Brio dan Jazz. “HRV menjadi primadona baru, tapi masih berada di urutan kedua setelah Mobilio. Kalau di nasional sendiri, sudah menjadi unggulan pertama,” katanya.

Di Jawa Barat, penjualan HR-V Januari-Februari 2015 mencapai 663 unit. Bahkan Maret 2015 memiliki target penjualan hingga 650 unit. Meski begitu penjualan HR-V tidak dilakukan secara terbuka. Hal ini cenderung menunggu karena pasokan terbatas.

“Pasokan masih terbatas. Kita berebut untuk dapetin HR-V. Makanya saya bilang ke marketing, stop penjualan HR-V, kita tunggu bola saja,” jelasnya. Penjualan model baru dari Honda tersebut akan dilakukan secara agresif setelah pasokan tersedia. Saat ini beberapa tipe harus inden hingga 2 bulan. Diperkirakan stok baru normal pada pertengahan tahun.

Sementara itu, Jonfis Fandi selaku Direktur Penjualan dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa penjualan HRV fenomenal. “Target penjualan HR-V tahun ini 24.000 unit, tapi sampai pertengahan Maret ini yang mem-booking mencapai 20.000 unit. Dan yang baru terkirim Januari-Februari sebanyak 7.000 unit, dan Maret ditargetkan 4.000 unit,” jelas Jonfis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here