Honda Tidak Yakin Mampu Samai Penjualan 2014

IOTOMOTIF.com – Tahun 2015 ini Industri otomotif di Indonesia sedang melemah. Hal ini tidak hanya terjadi di sektor roda empat, namun juga sektor roda dua. Hal ini terlihat dalam penjualan dua bulan pertama 2015. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan sepeda motor pada bulan Februari mencapai 556 091 unit, turun 18,4 persen dibandingkan tahun lalu dengan penjualan sejumlah 681.267 unit. PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen sepeda motor dengan penjualan tertinggi di Indonesia mampu mencapai penjualan 376.973 unit, dengan pangsa pasar sebesar 62,4 persen.

Meski Honda masih mendominasi penjualan, AHM mengakui penurunan penjualan ini memberikan pengaruh yang besar. Bahkan, produsen asal Jepang tersebut memprediksi akan sulit untuk menyamai prestasi tahun lalu, yang lebih dari 5 juta unit.

“Total penjualan secara keseluruhan di tahun lalu ada di angka 7,8 juta unit, pangsa pasar kami sekitar 63 persen. Bila kondisi di kuartal pertama sudah begini, saya pikir akan sulit menyamai tahun lalu, bisa mendekati saja sudah sangat bagus,” kata Margono Tanuwijaya yang menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT AHM.

Dia juga menjelaskan bahwa kondisi pada bulan Maret tidak jauh berbeda dari bulan Januari dan Februari. Artinya, masih belum ada peningkatan yang signifikan pada toga bulan pertama tahun ini. Tanuwijaya menganalisis daya beli masih lemah dan sebagian besar dari mereka menahan pembelian kendaraan yang memang masih bisa ditunda.

“Semua sektor mengalami kenaikan harga, mulai BBM ataupun bahan-bahan pokok. Selain itu, belum banyak aktivitas ekonomi yang berjalan dan menyebabkan perputaran uang masih terbatas. Saya berharapnya di kuartal selanjutnya ada perbaikan, meski belum bisa mengejar ketertinggalan di awal tahun ini,” jelas Margono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here