Proton Rakin Kompak Sedan di Bangladesh

IOTOMOTIF.com – Produsen mobil asal Malaysia, Proton mulai mengembangkan usahanya di dunia, dan kali ini mereka mengembangkan sayap ke Bangladesh. Dikabarkan bahwa perusahaan lokal, PHP Group telah mencapai kesepakatan untuk merakit (CKD) Proton sedan 1.200 unit per tahun, mulai akhir tahun ini. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk memproduksi komponen dan suku cadang di masa depan.

Kerjasama ini juga mencapai kesepakatan untuk merakit Proton Preve, yang kemudian akan dipasarkan di bawah nama Proton PHP. Sama seperti yang diproduksi di Malaysia, mobil ini memiliki sumber tenaga dari mesin berkapasitas 1.6 liter yang dilengkapi dengan Campro Turbo tersedia dalam dua pilihan transmisi manual dan otomatis.

Mohammed Mohsin Chowdhury yang menjabat sebagai Komisaris Grup PHP mengindikasikan kalau Proton PHP ini akan memiliki banderol harga yang setara dengan mobil Jepang yang direkondisi. Preve siap untuk menangkap potensi pasar, terutama dari kelas menengah yang terus tumbuh. PGP juga siap memberikan jaminan masalah teknis pada Preve sepanjang 25.000 km pertama.

Pabrik perakitan dibangun di atas lahan seluas 121 406 meter persegi di Anwara Upazila, Chittagong, dengan investasi 400 crore taka (Rp 675,8 miliar). Fasilitas ini akan menyerap 200 tenaga kerja baru, 50 di antaranya insinyur otomotif.

“Lebih banyak lapangan kerja akan tercipta ketika kami mulai memproduksi komponen dan suku cadang, seperti ban, pelek, dasbor, pendingin ruangan, radiator, dan lain sebaginya,” kata Chowdhury.

Dengan kesepakatan ini, Proton menjadi merek kedua yang memproduksi lokal mobil di Bangladesh, setelah Mitsubishi memproduksi Pajero Sport sejak 2011. Namun banderol harga yang ditawarkan Mitsubishi Pajero Sport dianggap masih terlalu tinggi untuk kelas menengah di Bangladesh, sehingga Proton dianggap lebih tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here