GM Dikabarkan Akan Memproduksi Mobil Murah

IOTOMOTIF.com – General Motor Indonesia baru saja mengumumkan kabar yang mengejutkan, mereka akan menghentikan produksi Spin di pabrik Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat pada akhir Juni 2015 mendatang. Namun bagaimana dengan nasib pabrik yang menelan dana investasi hingga USD 150 juta tersebut?

Soerjono yang menjabat sebagai Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa rencana GM untuk menutup pabrik sudah disampaikan ke pemerintah. Salah satu alasan penutupan dikatakan bahwa GM memiliki rencana menggandeng mitra China, SAIC dan Wulling yang mengumumkan rencana perakitan mobil murah di Indonesia pada awal Februari.

“Makanya, proyek (produksi) Spin ditutup. GM Indonesia mengatakan mulai 2017 berjalan proyek mobil murahnya dengan perusahaan China, Wulling akan masuk ke Indonesia,” kata Soerjono.

Pada kerjasama tersebut, GM menyatakan bahwa SAIC-GM-Wuling, dengan Wuling yang akan menguasai 80 persen dari perusahaan di Indonesia. Sisanya 20 persen dikuasai oleh SAIC. Dalam kerjasama SAIC-GM-Wulling, GM memiliki saham sebesar 44 persen, SAIC 51,1 persen, sementara Wuling 5,9 persen. Sementara itu posisi GM di Indonesia hanya 35 persen.

Dikatakan bahwa perusahaan gabungan tersebut akan mengikuti program mobil murah (LCGC) pemerintah. Sebelumnya diberitakan, SGMW-Wuling telah menyiapkan dana investasi hingga USD 700 juta untuk mendirikan pabrik baru di Indonesia. Juga pembelian 60 hektar lahan di kawasan industri Deltamas, Cikarang, Bekasi. Rencananya pembangunan pabrik dilakukan dalam dua tahap, tahap awal pada bulan Agustus, yang kedua pada bulan Oktober 2015. Targetnya, fasilitas ini bisa beroperasi penuh pada bulan Agustus 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here