Insentif Bagi Pembeli Mobil Listrik di Eropa Higga Rp 144 Jutaan

IOTOMOTIF.com – Negara-negara di Eropa terlihat sangat memperhatikan lingkungan dengan berbagai peraturan yang berlaku di sana. Untuk kendaraan, peraturan yang berlaku seperti batasan emisi kendaraan dan intensif bagi pembelian mobil listrik. Baru-baru ini, di Prancis berjalan kampanye anti mobil diesel, pemerintah menawarkan bonus insentif hingga 10.000 euro (sekitar Rp 144.7 jutaan) bagi masyarakat yang ingin mengganti mobil diesel ke mobil listrik.

Menteri Energi Prancis, Segolene Royal mengatakan bahwa insentif ini mulai bergulir April 2015 dengan tujuan untuk mendorong pengalihan kepemilikan diesel ke mobil listrik murni. “Kami harus menghapuskan mobil diesel tua yang usianya lebih dari 13 tahun dan tidak punya saringan. Tindakan pada mobil yang menghasilkan polusi ini akan membuat mereka sulit digunakan,” kata Royal.

Renault menyambut baik insentif mobil listrik yang disiapkan oleh pemerintah. “Ini akan mendorong kepercayaan konsumen untuk mencoba mobil listrik,” kata juru bicara Renault.

Dengan dukungan intensif 10.000 euro, harga mobil listrik di Prancis makin terjangkau, seperti Renault Zoe EV yang berharga € 22.400 kini menjadi € 12.400. Model-model lain, seperti Nissan Leaf dijual hingga € 14.390 dari sebelumnya €18.090. Kedua model ini merupakan mobil listrik dengan penjualan terbaik di Perancis saat ini. Tahun lalu, Renault Zoe terjual sebanyak 5.970 unit, sedangkan Leaf hingga 1,604 unit.

Saat ini, persyaratan insentif sedang diselesaikan oleh pemerintah sebelum diberlakukan. Pemerintah Prancis terus menggelar kampanye untuk memerangi polusi udara. “60 persen populasi di Perancis menghirup udara yang tidak sehat. Polusi udara merupakan isu kesehatan publik yang sangat besar perhatiannya,” jelas Royal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here