Renault Kadjar 2015, Pesaing Baru Mazda CX-5

IOTOMOTIF.com – Hari ini Renault secara resmi memperkenalkan model baru, Kadjar medium crossover. Model baru ini akan menggantikan Koleos dan berdiri di atas kesuksesan Captur. Dengan Kadjar, produsen mobil asal Perancis tersebut memasuki segmen dengan tingkat persaingan tinggi yang mana meningkat tiap tahunnya, para pesaing di segmen tersebut seperti Nissan Qashqai, Ford Kuga, Honda CR-V, Hyundai ix35, Toyota RAV4, dan Mazda CX-5.

Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa ini merupakan versi lebih besar Captur dengan berbagai elemen yang mengambil dari crossover tersebut, tetapi juga diambil dari Nissan Qashqai yang menjadi basis model itu. Crossover baru ini terlihat memiliki pengaruh besar dari mobil konsep DeZir. Yang paling menonjol adalah dari desainnya yang mengalir, sporty dengan LED daytime running lights dan headlights. Memiliki beberapa detail krom pada wajah dan body, dengan dimensi panjang 4,45 meter, lebar 1,84 meter dan tinggi 1,6 meter dan ground clearance mencapai 190 mm, memberikan interior yang luas, dan kenyamanan pada jalanan off-road karena memiliki plastik pelindung disekelilingnya.

Interior memiliki desain sporty dan elegan dengan bahan berkualitas tinggi, dan perhatian khusus terlihat pada finishing. Dashboard Kadjar terdiri dari layar besar yang berada di tengah dengan garis horisontal pada dashboard untuk menekankan kesan kabin yang lebar. Penggunaan bahan yang nyaman untuk disentuh dan berkualitas tinggi terlihat pada console tengah dan dengan desain tuas perseneling yang tampak terpengaruh oleh model sporty. Kapasitas bagasi mencapai 472 liter, sementara di dalam kabin ada beberapa kantong untuk barang-barang kecil dengan kapasitas mencapai 30 liter. Dalam peralatan opsional terdapat pilihan panoramic roof berdiameter 1,4 meter persegi, yang menambahkan banyak pencahayaan di kabin. Peralatan modern yang ditawarkan seperti multimedia system R-Link 2, yang pertama kali muncul di Espace baru, dengan konektivitas canggih dengan semua perangkat.

Tersedia dalam versi four wheel drive atau two-wheel drive transmission dengan Renault yang menjelaskan bahwa Kadjar cocok dipakai untuk berpetualang, dengan memberikan kemudahan bermanuver di kota dengan dimensi yang sesuai, diameter lingkaran putar 10,72 meter.

Untuk saat ini, Renault masih belum mengumumkan sumber tenaga yang akan dipakai model tersebut, namun diperkirakan mirip dengan Nissan Qashqai. Jadi dari sisi mesin bensin akan tersedia dengan mesin 1.2-liter DIG-T 115 hp dan 1.6 liter DIG-T 150 hp, sementara sisi diesel, mesin 1.5-liter dCi 110 hp dan 1.6-liter dCi 130 hp.

Debut akan berlangsung di Geneva di bulan Maret dan produsen asal Perancis tersebut menargetkan pembeli yang meninggalkan mereka karena lemahnya penjualan Koleos, terlihat pada tahun 2013 hanya terjual sebanyak 7.423 unit. Renault percaya bahwa model baru di segmen C tersebut akan menjadi best seller di kelasnya di Eropa. Perusahaan Perancis percaya bahwa tahun 2016, penjualan akan mencapai 118.000 unit di pasar Eropa, mencuri penjualan dari Nissan Qashqai, yang tahun lalu terjual sebanyak 203.549 unit, juga VW Tiguan, yang tahun lalu terjual 150.300 unit. Target utama Renault adalah penjualan sebanyak 200.000 unit per tahun untuk Kadjar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here