in

Toyota Pertahankan Predikat Pabrikan Otomotif Terbesar Di Dunia!

IOTOMOTIF.com – Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporation kembali berhasil mempertahankan predikatnya sebagai pabrikan otomotif terbesar di dunia pada tahun 2014. Ya, sepanjang tahun 2014 lalu Toyota berhasil mencatatkan pwnjualan sebanyak 10,23 juta unit kendaraan di seluruh dunia dan berhasil unggul tipis dari rival terberatnya asal Jerman, Volkswagen AG dengan penjualan mencapai 10,14 juta unit, dan disusul General Motors dengan penjualan sebanyak 9,92 juta unit.

Meskipun begitu, Toyota memprediksikan bahwa penjualan pada tahun 2015 ini akan mengalami penurunan hingga 1 persen menjadi 10,15 juta unit. Hal tersebut dipicu penurunan penjualan yang terjadi di Jepang dan beberapa negara berkembang yang akan mempengaruhi penjualan pada tahun ini. Penurunan penjualan Toyota ini juga menjadi yang pertama kalinya sejak tahun 2011 ketika Jepang terkena bencana alam tsunami.

Kondisi ini juga menjadi ancaman bagi Toyota sekaligus kesempatan bagi VW untuk mencuri posisi Toyota sebagai pabrikan otomotif terbesar di dunia pada 2015 mendatang, demikian seperti yang dilansir Automotive News, Rabu (21/1/2015).

Selain itu, penjualan Grup Toyota termasuk Daihatsu dan Hino berhasil naik hingga 3 persen menjadi 10,23 juta unit sepanjang tahun 2014 lalu. Volume penjualan ini juga berhasil tembus 10 juta unit untuk pertama kalinya bagi Toyota.

Toyota juga berharap penjualan di luar Jepang bisa meningkat 2 persen menjadi 8,06 juta unit pada tahun 2015 ini. Namun kondisi ini dirasakan akan berat karena diprediksi penjualan di pasar Jepang bisa mencapai 9 persen atau menjadi 2,1 juta unit. Sedangkan untuk penjualan Toyota di Jepang sendiri diprediksi mencapai 7 persen menjadi 1,45 juta unit dan Daihatsu dan Hino juga diperkirakan akan berkurang.

Penurunan penjualan ini juga disebabkan beberapa faktor, seperti naiknya Pajak Konsumsi yang mulai diberlakukan oleh Pemerintah Jepang mulai 2014 lalu. Selain itu, penurunan harga BBM juga menjadi faktor dimana mobil-mobil dengan teknologi ramah lingkungan seperti Toyota Prius dipastikan akan menurun.

 

Written by RUDY. K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MotoGP 2015: BOS HRC Kagum dengan Semangat Rossi!

Harga Jupiter Z1 Euro3 Tetap Rp 14,6 Jutaan!