Rupiah Melemah, Toyota Siap Naikkan Harga Agya

IOTOMOTIF.com – Semakin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika membuat beberapa produsen mobil kini bersiap-siap untuk menaikkan harga jual mobil produksinya. Salah satunya adalah Toyota yang bersiap-siap untuk menaikan harga jual mobilnya, termasuk harga mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Agya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota-Astra Motor (TAM), Widyawati Soedigdo, “Kenaikan harga Toyota Agya masih dalam pembicaraan. Saya pikir harga jualnya naik karena alasan cost. Lihat saja extended sudah Rp 12.700,” ujarnya.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika sebelumya juga sempat nyaris menyentuh angka Rp 13.000, dan pada saat penutupan pasar kemarin nilai tukar rupiah berada di posisi Rp 12.645. Menurut Widya, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang semakin melemah menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi komponen makro ekonomi. Artinya, dengan semakin tingginya kurs tersebut, maka para pegiat makro ekonomi pun akan menyesuaikan kondisi keuangannya.

Widya juga menambahkan, bahwa “tingginya kurs sangat berpengaruh terhadap naik dan turunnya demand otomotif. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap cost manufacturing.”

Harga Toyota Agya sendiri sebelumnya sudah dinaikkan pada bulan Oktober lalu. Namun kenaikan harga jual Toyota Agya tersebut hanya 3 persen, padahal pada saat itu Toyota sendiri sudah mengantongi izin untuk menaikkan harga Agya sebesar 6,6 persen.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here