Suzuki Hentikan Produksi Grand Vitara dan Kizashi

IOTOMOTIF.com – Suzuki pada tahun depan mengumumkan bahwa akan melakukan perampingan line up produk. Dengan dua model, Grand Vitara dan sedan Kizashi tidak akan diproduksi lagi. Penghentian produksi Grand Vitara telah berlangsung di pabrik Suzuki di Iwata, Jepang. Sedangkan Kizashi sedan juga telah dihentikan di pabrik di Sagara, Jepang.

Kedua, Grand Vitara dan Kizashi, dikabarkan telah memiliki pengganti tidak langsung. Suzuki Vitara SUV yang sebelumnya dipamerkan di Paris Motor Show 2014 memiliki ukuran yang lebih kecil dari Grand Vitara, dan didasarkan pada platform monocoque tidak seperti Grand Vitara yang menggunakan sasis ladder-on-frame. Ukuran Vitara terlihat mengikuti perkembangan pasar yang lebih menyukai model yang lebih kecil, small crossover/SUV. Pengganti dari Grand Vitara yang telah ada sejak tahun 2005 ini masih dipertimbangkan oleh Suzuki.

Sedangkan untuk Kizashi, yang dalam bahasa jepang sendiri berarti “tanda hal baik akan datang”, dideskripsikan oleh Australia managing director sebagai “mobil tidak beruntung”. Tidak hanya itu, managing director Australia juga mengatakan bahwa penerus dari mobil tersebut akan memberikan hasil yang terlalu kecil namun dengan biaya investasi dan pengembangan yang terlalu besar.

Suzuki baru-baru ini juga menjelaskan rencana mereka untuk meluncurkan 6 mobil baru hingga tahun 2017 mendatang. Salah satu dari model baru tersebut adalah Celerio dan model hatchback yang hadir dengan dimensi lebih besar dari pada Swift.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here