Harga Sepeda Motor Murah Yamaha Diharapkan Tak Lebih Dari Rp 6 Jutaan!

IOTOMOTIF.com – Proyek sepeda motor murah Yamaha atau yang disebut INDRA (Innovative and New Development based in Responsible Analysis semakin ramai diperbincangkan oleh berbagai media otomotif di India. Meskipun motor murah Yamaha ini juga disebut-sebut akan menjadi motor termurah di dunia, namun pabrikan sepeda motor berlogo garputala ini sepertinya tidak mau jika motor produksinya tersebut dianggap remeh atau dipandang sebelah mata.

Group Head, Purchase Operation Yamaha India, Sanjeev Paul mengatakan bahwa harga murah bukanlah satu tujuan dilahirkannya motor terbarunya tersebut. ”Kami mencoba membuat produk yang baik, termasuk performa dan nilai. Harga adalah salah satu dari nilai tersebut,” kata Paul kepada The Hindu Bussinessline, Selasa (25/11/2014).

Yamaha juga akan berfokus pada desain, performa, dan keamanan motor murah terbarunya tersebut. Dibangun dengan mengusung banyak hal diatas, sepeda motor murah Yamaha ini diharapkan dapat ditawarkan dengan harga sekitar 30.000 Rupee atau sekitar Rp 5,8 jutaan. Sepeda motor murah Yamaha ini rencananya juga akan dipasarkan di pasar roda dua India dan Afrika.

Proyek INDRA sendiri akan dikerjakan oleh tim dari India dan Jepang dan akan dipusatkan di fasilitas perakitan Yamaha yang berada di Chennai dengan melibatkan para vendor untuk memberikan masukan. Proyek pengerjaan sepeda motor termurah di dunia Yamaha ini juga dilakukan secara terbalik, dimana jika biasanya sepeda motor dikembangkan oleh produsen kemudian dilempar ke vendor penyedia komponen, dimana sebelum menyelesaikan gambar akhir dan spesifikasi teknis, Yamaha akan mencari partisipasi dari para pemasok komponen. Untuk itu, pengerjaan proyek INDRA ini membutuhkan kerja keras dari tim untuk menggabungkan ide, termasuk mengeliminasi dan memasukkan komponen sesuai masukan dari para vendor.

“Hal ini membutuhkan banyak keterlibatan untuk mendapatkan perbaikan pada desain, pengujian dan produksi standar. Pemasok adalah mitra, dan kami bekerja sama mencari solusi terbaik. Namun, kami tidak akan berkompromi pada nilai-nilai inti Yamaha bahkan saat bekerja keras pada pengurangan biaya,” kata Paul.

Proyek INDRA atau pengurangan ongkos produksi ini juga diprediksi akan menjalar ke produk-produk Yamaha lainnya dan akan mulai terealisasi antara 2016-2017 mendatang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here