Global

Tren Mobil Kecil, Ford Siapkan Mobil Murah Berbasis Fiesta

Amsterdam, IOTOMOTIF.com – Ford Motor Company (FMC) kembali menyiapkan model terbaru hasil dari pengembangan platform Fiesta, rencananya model baru ini akan menyasar segmen menengah dengan harga yang lebih murah.

Seperti dilansir Autonews (9/9/2012), “Kami terus keliling dunia mencari kesempatan untuk menawarkan sebuah mobil dengan harga lebih murah dari Fiesta,” ujar Alan Mulally, Chief Executive Officer FMC. Model baru ini nantinya akan disebut model “value B”, yang memiliki dimensi yang sama dengan Fiesta dengan biaya produksi lebih kompetitif. Sayangnya tidak disebutkan dimana “mobil murah” ini nantinya akan diproduksi dan akan dijual perdana.

Sebelumnya, Ford sudah meluncurkan mobil kompak Ka hasil kerjasama bersama Fiat di Polandia. Mobil kompak ini diproduksi menggunakan platform yang sama dengan Fiat 500. Namun dimensi Ka yang mengusung konsep mobil kompak dianggap terlalu kecil untuk dijadikan produk global. Alasannya, tidak semua pasar menggemari mobil yang memiliki ukuran terlalu kompak atau kecil ini.

“Kami belum ada rencana yang pasti saat ini (untuk model Sub-B global), tapi untuk menjadi kompetitif di setiap pasar itu sangat penting,” beber Mulally. Untuk menyukseskan proyekya ini, Ford akan menurunkan biaya produksi mobil itu dengan menggunakan desain global dan menggunakan pasokan komponen dari seluruh dunia.

Tren Mobil Kecil Dunia

Tren Dunia Otomotif di negara-negara maju saat ini membuat banyak pabrikan otomotif harus bekerja keras untuk melebarkan sayapnya di pasar baru. Untuk meraih sukses di pasar negara ketiga ini, tentunya diperlukan produk yang tepat dengan harga yang lebih terjangkau.

Sebut saja Renault dengan merek independen-nya, dengan menyasar segmen mobil murah sejak 2004, dengan meluncurkan sedan Logan. Kemudian disusul dengan produk-produk terbarunya, termasuk hatchback, wagon, minivan sampai SUV kecil. Hasilnya luar biasa, pabrikan mobil asal Perancis ini mampu menjual 1 juta unit mobil Renault dan Dacia di pasar global dari 813.000 unit pada 2011. Dengan menggarap segmen baru ini, Renault mampu mengantongi keuntungan lebih besar sampai 9 persen.

Kemudian di susul oleh PSA Peugeot-Citroen yang juga berasal dari Perancis yang berencana memperkenalkan mobil murahnya di ajang Paris Motor Show akhir bulan September 2012 ini. Nissan pun tak ingin ketinggalan dengan menghidupkan kembali merek Datsun yang disiapkan untuk menyasar pasar negara baru seperti India, Indonesia dan Rusia.

Di Indonesia sendiri, tren mobil kecil telah lebih dahulu dimasuki oleh Hyundai Atoz, Geely Panda, Suzuki Splash, Nissan March dan yang terbaru Peugeot 107, Honda Brio, Mitsubishi Mirage. Dan lain-lain masih banyak lagi jenis mobil kecil yang masuk Indonesia.

Kembali lagi ke rencana Ford, dengan dicanangkannya program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) oleh Pemerintah Indonesia, bukan tidak mungkin menjadi indikasi awal komitmen investasi Ford di Indonesia untuk membangun pabrik mobil murah-nya di tanah air.

MPV Mazda Biante Diluncurkan di IIMS 2012

Previous article

Preview Chevrolet Trailblazer, SUV Segala Medan

Next article

You may also like

More in Global