Aleix Espargaro Terkesan Dengan Sasis Suzuki GSX-RR

IOTOMOTIF.com – Pembalap Suzuki MotoGP, Aleix Espargaro mengaku sangat terkesan dengan tunggangan terbarunya, yakni Suzuki GSX-RR. Meskipun begitu, Espargaro mengaku bahwa dirinya dan timnya masih harus bekerja keras untuk meningkatkan performa GSX-RR, karena beberapa bagian motor Suzuki MotoGP ini harus diubah.

Pada sesi test pramusim MotoGP 2015 yang digelar di Valencia, Espargaro berhasil mencatatkan waktu tercepat ke-14 pada hari pertama, dan berhasil naik ke posisi ke-10 pada hari ketiga. Prestasi ini tentunya sebuah tanda-tanda positif bagi tim Suzuki MotoGP, pasalnya pada sesi ini juga menjadi pertama kalinya Espargaro menggeber Suzuki GSX-RR.

Jika rekan satu timnya, Maverick Vinales sangat kagum dan memuji tenaga dan rem dari Suzuki GSX-RR, Espargaro justru memuji sasis dari GSX-RR. Menurut pembalap asal Spanyol ini, handling yang ditawarkan oleh Suzuki GSX-RR sangat luar biasa dan memudahkannya untuk bermanuver.

“Rangkanya sangat fantastis dan elektroniknya juga lebih baik. Bagian depan mampu dibelokkan dengan mudah dan motor ini juga jauh lebih kecil dibanding motor Forward Yamaha tahun lalu. Selain itu, lebih ringan juga, sepertinya lebih ringan sekitar 10 kg. Jadi, lebih mudah untuk bermanuver,” ungkap Espargaro.

“Riding style juga menjadi berbeda, dengan motor ini saya mampu merebah lebih banyak. Kami mampu lebih cepat di tikungan, seperti yang saya bilang, rangkanya sangat fantastis,” lanutnya.

Meskipun Suzuki GSX-RR ini sudah sesuai dengan riding style-nya, namun Espargaro mengaku bahwa riding position-nya masih belum pas dan harus melakukan perubahan pada bagian footstep GSX-RR. Hal tersebut dilakukan karena kaki Espargaro menyentuh knalpot. Sementara untuk tenaganya, Espargaro yakin tenaga Suzuki GSX-RR masih bisa ditingkatkan lagi dengan melakukan perubahan pada bagian akselerasinya saat keluar tikungan..

“Saya selalu wheelie saat keluar tikungan, jadi kehilangan sedikit akselerasi. Begitu pula dengan engine braking juga kurang bagus. Tapi saya cukup senang karena tenaga motor ini membuat kami cukup kompetitif di hari pertama. Saya yakin saat seri pertama nanti kami akan meningkat lebih lagi,” ujar Espargaro.

Catatan waktu yang berhasil dibukukan oleh Espargaro juga tidak jauh dengan catatan waktu yang dibukukan oleh test rider Suzuki MotoGP, Randy De Puniet. Pendapat keduanya tentang Suzuki GSX-RR juga tidak jauh berbeda, masih di seputar kontrol traksi dan distribusi tenaga GSX-RR. Selain itu, tim Suzuki MotoGP juga harus melakukan perubahan pada bagian depan Suzuki GSX-RR Espargaro untuk memaksimalkan aerodinamis, hal tersebut dikarenakan postur tubuh Espargaro lebih tinggi dari De Puniet.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here