Eugene Laverty: Tidak Mudah Beradaptasi Dengan Motor MotoGP

IOTOMOTIF.com – Sepertinya tak mudah bagi Eugene Laverty untuk beradaptasi dengan motor MotoGP. Ya, pembalap Superbike yang akan membela tim Drive M7 Aspar Honda dan berduet dengan Nicky Hayden ini mengaku mengalami kesulitan pada saat pertama kali beradaptasi tunggangan barunya. Pada sesi test MotoGP Valencia yang digelar awal pekan ini, Laverty berkesempatan untuk mencoba Honda RCV1000R. Sedangkan untuk Honda RC213V-RS akan digunakan Laverty dan pembalap kategori Open lainnya pada tahun depan.

“Kami melakukan 45 lap dan kebanyakan hanya untuk beradaptasi dengan motor. Pada 25 lap pertama, kami melakukan banyak perubahan untuk membuat motor lebih nyaman, mulai dari mengganti footstep, hingga tuas. Kami punya tangki bensin yang lebih besar di tengah, dan itu terlalu berlebih untuk motor yang lebih kecil. Saya baru mulai menikmatinya pada 20 lap terakhir,” jelas Laverty.

Laverty juga harus cepat beradaptasi dengan motor MotoGP yang akan menjadi tunggangan barunya tersebut, mulai dari rem karbon, ban Bridgestone, dan software elektronik. Laverty juga mengaku bahwa dirinya masih memiliki masalah besar yang membuatnya kesulitan untuk mengendalikan RCV1000R, terutama pada bagian ban depan Bridgestone dan kompon yang lebih empuk yang menurutnya belum memberikan performa maksimal saat melakukan pengereman karena tidak stabil.

“Rem karbon menghentikan laju motor lebih baik, tidak begitu sulit. Perbedaan terbesar hanyalah pada bannya. Sangat jauh berbeda dengan yang saya gunakan selama ini. Saya suka mengerem lebih dalam saat masuk tikungan, dan untuk pengereman saya sudah cocok dengan motor ini,” ujar Laverty.

“Bagian belakang sangat jauh berbeda dan ban lebih mudah mengalami spin. Di Superbike, ketika ban belakang spin, maka motor tidak akan melaju. Tapi di MotoGP, Anda bisa memanfaatkannya juga untuk memutar motor,” lanjutnya.

Beruntung Eugene Laverty juga mendapatkan keuntungan, karena dirinya mendapatkan masukan langsung dari sang kakak Michael Laverty yang juga mantan pembalap MotoGP, baik mengenai motor, sirkuit ataupun ban yang digunakan motor MotoGP.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here