Suzuki MotoGP Fokus Kembangkan Gearbox Baru!

IOTOMOTIF.com – Suzuki akhirnya resmi kembali berlaga di ajang balap sepeda motor paling bergengsi di dunia, yakni MotoGP. Suzuki juga menurunkan Randy De Puniet bersama Suzuki GSX-RR di seri pamungkas MotoGP 2014 yang digelar di Valencia, Spanyol akhir pekan lalu. Sayangnya pada seri MotoGP Valencia 2014 tersebut, Suzuki belum mampu berbicara banyak. Dan untuk dapat bersaing di MotoGP 2015, MotoGP Project Leader, Satoru Terada juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah berfokus untuk mengembangkan gearbox yang lebih halus dan diharapkan sudah siap digunakan Suzuki GSX-RR di debut perdananya di ajang MotoGP 2015 mendatang.

“Ini sedang dalam pengembangan. Target kami adalah secepat mungkin bisa kami bawa ke trek, harapan saya di awal musim ini.” ungkap Terada.

Manajer tim Suzuki MotoGP, Davide Brivio juga menambahkan, bahwa gearbox terbaru Suzuki GSX-RR ini masih membutuhkan waktu agar dapat disetujui untuk mengikuti serangkaian tes. Sayangnya keduanya sampai saat ini masih menutup rapat-rapat informasi tentang siapa yang akan mengembangkan gearbox tersebut. Apakah akan dikembangkan sendiri oleh Suzuki atau menggandeng salah satu perusahaan lain untuk melakukannya.

Suzuki MotoGP juga memutuskan untuk beralih ke sistem elektronik Magneti Marelli, setelah sebelumnya menggunakan sistem elektronik besitan Mitsubishi. Terada juga mengakui, bahwa dirinya sangat terkesan dengan potensi dari sistem elektronik baru racikan Magneti Marelli ini.

“Sangat sulit untuk beradaptasi. Kami memiliki pengalaman panjang dengan sistem Mitsubishi. Kemudian sistem Magneti Marelli cukup baru bagi kami sehingga kami menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan ini dari nol. Ini merupakan ECU yang sangat kuat sehingga kita memiliki banyak kemungkinan munggunakannya.” tutur Terada.

Suzuki GSX-RR juga akan dibekali dengan mesin 4-silinder inline untuk mengawali penampilan perdananya di ajang MotoGP 2015. Hal tersebut disebabkan Suzuki sendiri belum memiliki mesin V4 untuk motor pabrikan. “Akan sedikit sulit untuk mendapatkan tenaga mesin yang maksimal. tapi kami percaya kami bisa mendapatkan tenaga itu untuk balapan. Kami juga memiliki beberapa masalah kecil sekarang, tenaga motor ini sedikit turun saat di lintasan dibandingkan saat kami melakukan dyno test dan kami sedang menyelidikinya.”

“Ini adalah proyek terbaru kami dan kami juga tahu ini adalah tantangan yang sangat besar bagi Suzuki. Target kami untuk tahun depan, kami akan mencoba untuk dapat naik podium. Setelah tiga tahun kami ingin bisa meraih gelar juara dunia.”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here