MotoGP Valencia 2014: Rossi Terkejut Raih Pole

IOTOMOTIF.com – Valentino Rossi telah memenangkan tiga balapan sejak kembali ke Yamaha, tapi butuh sampai seri terakhir musim ini untuk mengklaim pole pertamanya di ajang MotoGP sejak 2010. Hasilnya datang dalam keadaan yang tak terduga, dengan Rossi berjuang di latihan bebas dan hanya tercepat kesembilan dari 12 pengendara yang keluar dari pit untuk melakukan usaha terakhir mereka mendapatkan pole.

Rossi unggul di menit-menit akhir, sebelum Andrea Iannone yang mengunggulinya. Rossi kemudian merebut kempali pole position kembali dari pembalap Ducati itu di lap terakhir dengan jarak waktu 0.132 detik. Pole tersebut juga menandai ketiga kalinya Rossi start di barisan terdepan.

“Ini adalah kejutan besar,” Rossi mulai pembicaraan. “Saya merasa baik di kualifikasi, kami meningkatkan pengaturan sepeda dan dengan ban pertama tidak begitu buruk. Kami melakukan sedikit modifikasi untuk ban kedua dan saya mencoba untuk mendorong banyak. Dengan ban kedua saya merasa cengkraman yang lebih baik pada ban dan sangat percaya diri, tapi sayangnya saya membuat kesalahan di tikungan 2 jadi aku melambat sebelum melakukan lap terakhir saya.”

Dengan memperlambat Rossi merasa dia memperoleh dua hal: Dia mampu mempertahankan ban belakang nya untuk lap terakhir dan juga dirinya mampu mengikuti rekan setimnya Lorenzo.

“Itu prosedur yang baik untuk ban belakang, untuk memperlambat setelah satu lap dan kemudian restart,” Rossi menjelaskan. “Saya merasa cengkraman yang baik dan itu membantu saya menghindari banyak putaran saat berakselerasi, yang telah banyak kami alami. Saya juga beruntung karena Jorge melewati saya dan satu detik di depan saya, jadi itu juga sedikit membantu memiliki dia di depan. ”

Diceritakan bahwa Lorenzo merasa terganggu karena membantu Rossi mendapatkan pole, Rossi menjawab, “Sesungguhnya saya hanya beruntung berada di tempat yang tepat dan saya senang jika ia sedikit gugup untuk ini! Hal ini terjadi, dan itu terjadi minimal 100 kali bagi saya. Ini membantu, terutama dengan hanya 15 menit di babak kualifikasi, sangat strategis.

“Tapi saya pikir Jorge dalam keadaan yang baik dan memiliki kecepatan sedikit lebih baik dari saya besok, jadi untuk melawan dia saya perlu melakukan langkah lain.”

Pertarungan antara Rossi dan Lorenzo di Valencia ini bukan pertarungan biasa karena keduanya masih bersaing untuk mendapatkan posisi kedua di klasemen MotoGP 2014. Saat ini Rossi unggul 12 poin dari Lorenzo. Keduanya, Rossi dan Lorenzo telah memenangkan 2 balapan musim ini.

“Posisi pole penting untuk memulai balapan namun akan sulit karena kami harus bekerja untuk mencoba untuk membuat langkah lain untuk mempertahankan laju,” Rossi menegaskan. “Banyak pengendara yang sangat dekat dan untuk alasan ini, penting untuk memulai di depan, tetapi pada saat yang sama setelah beberapa lap kita kehilangan kinerja jadi kita perlu memperbaiki keseimbangan untuk menjaga ritme yang baik.”

Rossi akan bergabung di barisan depan dengan Iannone (Pramac Ducati) dan Dani Pedrosa (Repsol Honda). Lorenzo akan start dari posisi keempat dengan juara dunia dua kali Marc Marquez di posisi kelima setelah jatuh di babak kualifikasi.

Rossi, yang telah memenangi rekor 82 balapan kelas premier, kini telah mengambil 50 posisi pole di tingkat atas.

“Ini merupakan prestasi besar karena sudah empat setengah tahun. Biasanya dalam karir saya, saya lebih memilih balapan. Saya telah memenangkan lebih banyak balapan dari posisi pole, tapi itu bagus karena Valencia biasanya sangat sulit bagi saya. ”

Balapan sendiri akan berlangsung nanti malam, cek Jadwal lengkap MotoGP Valencia 2014 Spanyol di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here