MotoGP Valencia 2014: Suzuki GSX-RR Randy De Puniet Berasap!

IOTOMOTIF.com – Setelah tiga tahun lamanya absen dari ajang balap MotoGP, Suzuki akhirnya resmi memanaskan kembali persaingan di ajang MotoGP dengan diawali sebagai wild card di seri MotoGP Valencia 2014 yang juga menjadi seri pamungkas MotoGP 2014. Pada seri pamungkas MotoGP 2014 di Valencia, Spanyol ini, Suzuki menurunkan development rider andalannya, yakni Randy De Puniet yang menggeber Suzuki GSX-RR.

Pada sesi FP1 MotoGP Valencia 2014, De Puniet berhasil mencatatkan waktu tercepat ke-16 dengan catatan waktu 1 menit 33.345 detik atau tertinggal 2.049 detik dari pembalap tercepat pada sesi tersebut, yakni Marc Marquez. Sayangnya meskipun berhasil mempertajam catatan waktunya pada sesi FP2 MotoGP Valencia 2014 dengan torehan waktu 1 menit 32.799 detik, De Puniet harus merosot ke posisi ke-18. Dan parahnya lagi, Suzuki GSX-RR yang menjadi tunggangan Randy De Puniet mengeluarkan asap tebal dari ujung knalpot-nya pada akhir-akhir sesi Free Practice 2.

“Saya sangat senang bisa kembali ke GP,” ucap de Puniet. “Tidak terlalu buruk hari ini. Kami hanya berjarak 1,3 detik di belakang posisi pertama dan itu OK untuk hari pertama kami. Saya mengalami masalah teknis di akhir sesi, seandainya itu tidak terjadi saya bisa memperbaiki sedikit lap time kami.

“Cuaca bagus pagi ini walau sedikit mendung dan berangin di sore harinya. Tapi, sekarang kita masih di bulan November dan ini tidak terlalu buruk! Saya puas. Kami harus membuat beberapa penyesuaian karena saya merasa cukup kesusahan dengan ban belakang tipe hard, dan kami akan berdiskusi bagaimana strategi balapan nanti. Sungguh berat bekerja dengan waktu terbatas, dengan hanya 45 menit untuk merealisasikannya.

“Saya suka kembali ke track setelah absen satu tahun dan saya merasa seperti tidak melewatkan satu musimpun, ini bagus dan saya siap bertarung untuk menempatkan motor pada posisi terbaik di grid, lalu posisi terbaik di race. Hari ini kami juga lebih cepat dibanding ketika test bulan lalu dan di setiap sesi saya semakin percaya diri. Saya pikir jika kita bekerja maksimal maka kita menjadi senang dan itu yang kita inginkan.”

Sebagai tim yang menyandang status wild card, Suzuki juga mendapatkan keuntungan dengan bisa menggunakan tiga mesin, artinya Randy De Puniet masih memiliki dua mesin GSX-RR untuk digunakan pada sesi latihan bebas, kualifikasi hingga balapan nanti. Randy De Puniet sendiri nantinya akan bertarung di ajang WSBK bersama Crescent Suzuki. Sementara Suzuki GSX-RR yang akan menjadi andalan Suzuki di ajang MotoGP 2015 akan digeber oleh Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here