Fitur dan Teknologi Canggih All-New Ford Focus

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Meski peluncuran resmi All New Ford Focus baru dilakukan pada pembukaan IIMS 2012 pada 20 September mendatang, Ford Focus Indonesia sudah membuka inden untuk sedan kompak terbarunya ini.

Untuk harganya Ford Focus membanderol sedan kompak terbarunya ini mulai dari Rp 325 sampai 370 juta (OTR Jakarta). Hal tersebut dikemukakan oleh Managing Director, Ford Mustang Indonesia (FMI) Bagus Susanto dalam acara pra launching All-New Ford Focus yang bertajuk “Start it, Share it, Win it”, di Senayan City, Jakarta Selatan, (6/9).

All-New Ford Focus juga menjadi satu-satunya sedan kompak yang dilengkapi dengan fitur tercanggih dikelasnya. Selain sudah dibekali dengan fitur canggih Active Park Assist (parkir sendiri), tak ketinggalan fitur Active City Stop (rem otomatis pada kecepatan rendah) yang berguna untuk mengurangi resiko tabrakan.

Active Park Assist

Fitur ‘parkir otomatis’ yang diberi nama Active Park Assist. Teknologi ini serupa dengan yang dipakai di Lexus, BMW dan Mercedes-Benz. Teknologi ini pada intinya membantu pengemudi parkir paralel dengan sentuhan tombol. Kemudian pengemudi tinggal lepas tangan dan hanya mengatur gas dan rem.

Teknologi ini terintegrasi dengan sensor ultrasonik berbasis sistem penginderaan. Info yang didapat dari setiap sensor langsung dipadukan dengan program komputer dalam mobil. Sehingga mobil akan membelok kanan-kiri sesuai kebutuhannya dengan bantuan electric power-assisted steering atau motor elektrik pada setir.

Active City Stop

Nah untuk sistem kerja dari fitur canggih Active City Stop ini menggunakan sensor Lidar (Light detection And Ranging) yang dipasang diatas kaca depan. Sensor ini nantinya secara otomatis akan memerintahkan rem bekerja jika kecepatan dianggap membahayakan dan berada dalam jarak 7,6 meter.

Blind Spot Information System

Fitur canggih lainnya adalah Blind Spot Information System, fungsinya dari fitur ini adalah membaca keadaan sekitar yang tak terlihat atau terjangkau oleh kaca spion. LED pada kaca spion yang terletak di kanan dan kiri ini, akan memberikan sinyal kepada pengemudi agar tidak pindah jalur! Pantas jika All-New Ford Focus menyandang predikat sedan kompak tercanggih dikelasnya.

Simak berita terbaru tentang All-New Ford Focus 2012 hanya di iotomotif.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here