Nissan Leaf atau Venucia e30 Mulai Dipasarkan di China!

IOTOMOTIF.com – Nissan akhirnya resmi memasarkan mobil listrik andalannya, Nissan Leaf di China. Namun Leaf di China ini memiliki perbedaan dengan yang dipasarkan di Jepang. Ya, mobil listrik andalan Nissan ini dipasarkan tidak dengan menggunakan nama Leaf, namun menggunakan nama Venucia e30.

Langkah yang diambil oleh Nissan yang juga menggandeng produsen mobil China, Dongfeng ini juga dinilai cukup beresiko, meskipun saat ini China sendiri menjadi pasar mobil terbesar di dunia. Dongfeng Nissan Passenger Vehicle Company (DFL-PV) juga telah melakukan tes pasar dengan mencoba sebanyak 300 unit Venucia e30 di seluruh China sebelum memasarkannya di China.

Bahkan untuk menyosialisasikan penggunaan mobil listrik dalam kehidupan sehari-hari andalannya ini, Nissan Leaf atau Venucia e30 ini juga digunakan oleh salah satu armada taksi di Guangzhou, China. Dalam uji coba tersebut, Nissan juga menyatakan bahwa dengan mengendarai mobil listrik bisa mampu menghemat pengeluaran sehari-hari hingga 85 persen dibandingkan dengan mesin bermesin konvensional. Selain itu, mobil listrik andalan Nissan ini juga mampu menempuh jarak hingga 56,3 km hanya dalam pengisian baterai cepat, yakni hanya 5 menit saja.

Di China, mobil listrik andalan Nissan yang diberi nama Venucia e30 ini akan dijual dengan harga 267.800 yuan atau sekitar Rp 518,5 jutaan (belum termasuk insentif dari pemerintah). Selain itu, pemasaran Venucia e30 ini juga difokuskan di beberapa kota besar di China, seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Dalian, Wuhan, Tianjin, Zhengzhou, dan Hangzhou. Sementara untuk kota-kota lainnya di China akan menyusul pada tahun depan.

Di Amerika Serikat, Nissan Leaf juga berhasil mencatatkan rekor penjualan tertinggi bulanan, yakni mencapai 3.186 unit pada Agustus 2014. Selain itu, total penjualan Nissan juga berhasil naik hingga 34 persen menjadi 18.841 unit terhitung sejak Januari hingga Agustus 2014 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here