Produsen Mobil China Mulai Bangun Pabrik di Rusia!

IOTOMOTIF.com – Produsen mobil asal China, Great Wall Motor Company saat ini mulai membangun pabrik pertamanya di Rusia. Untuk membangun pabrik pertamanya di Rusia ini, pabrikan asal China inipun rela menggelontorkan dana mencapai 3,2 miliar yuan atau sekitar Rp 6,06 triliun. Fasilitas perakitan pabrikan mobil asal China ini akan dibangun di Tula Oblast, dengan kapasitas produksi mencapai 150.000 unit per tahun.

Proses pembangunan pabrik Great Wall Motor Company di Rusia ini akan berlangsung dalam tuda tahap. Tahap pertama pembangunan pabrik ini akan memakan dana hingga 2,1 miliar yuan atau sekitar Rp 3,97 triliun dan siap beroperasi dalam tiga tahun kedepan (2017). Sayangnya untuk tahap kedua belum dijelaskan oleh produsen kendaraan niaga dan SUV terbesar di China ini.

Pabrik ini juga akan menjadi pabrik pertama produsen mobil China di Rusia. Langkah yang diambil oleh Great Wall Motor Company juga terbilang sangat berani. Karena sebelumnya Great Wall Motor Company ataupun Chongqing Lifan Industry Group Company lebih memilih untuk mengimpor kendaraan secara terurai atau CKD dan kemudian merakitnya di Rusia melalui pabrik mitra lokal.

Pekan lalu, Chongqing Lifan juga menyatakan siap untuk membangun pabrik perakitannya di Kaluzskaya Oblast, sebelah barat Rusia dengan nilai investasi mencapai 930 juta yuan atau sekitar Rp 1,75 triliun. Keberanian pabrikan mobil China untuk membangun pabrik di Rusia ini tentunya tidak lepas dari kesuksesannya menjual 20.000 unit mobil di Rusia. Hasil positif inilah yang kemudian membuat dua pabrikan mobil asal China ini membangun pabriknya di Rusia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here